• Home
  • Advertorial
  • Dipersip Bengkalis Ikuti Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal

Dipersip Bengkalis Ikuti Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal

Kamis, 28 November 2019 19:28
BAGIKAN:

BENGKALIS - Sebanyak 6 orang karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Bengkalis mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Arsip Internal yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Kamis (28/11/2019).

Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini dilakukan selama dua hari dari tanggal 28 sampai dengan 29 November 2019 di Ruang Rapat Bidang Kearsipan Provinsi Riau. Peserta Bimtek Pengawasan Arsip Internal ini adalah Pejabat Struktural Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis yang dianggap mampu untuk melakukan audit dengan pangkat minimal III/a (penata muda).

Audit pengawasan kearsipan bertujuan untuk menjaga dan menyelamatkan aset-aset nasional serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu diperlukan penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan kaidah dan standar kearsipan sehingga mampu menjamin pencipta arsip baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Diharapkan melalui Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal ini, Dipersip Bengkalis mampu melaksanakan kegiatan audit arsip internal di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dengan optimal serta menciptakan administrasi bukti dari penyelenggara kearsipan dengan baik dan benar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto mengatakan kegiatan ini bertujuan memberi pembekalan kepada para calon pengawas kearsipan. Ia menyampaikan bahwa faktor pendukung keberhasilan di dalam pengelolaan kearsipan adalah komitmen pimpinan dan konsistensi pelaksana.

"Artinya, mengelola arsip bukan tanggung jawab unit kearsipan semata akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang terlibat di dalam manajemen organisasi," katanya.

Selanjutnya, Dr H Suwarto menambahkan bahwa arsip merupakan bukti hukum dan bukti sejarah perjalanan Kemendikbud yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Arsip Internal yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau pengawas kearsipan Bengkalis dibekali teknis pelaksanaan pengawasan berupa aspek, target dan proses pengawasan," ta,nah Dr H Suwarto.

Untuk diketahui, peserta-peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis tersebut adalah Kepala Bidang Kearsipan, Anuar, Kepala Seksi Kearsipan, Mastina dan Wahidah, Arsiparis, Yesi Apariani, dan Staf Kearsipan, Muska Arya.[red/adv]
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Polres Bengkalis Aktifkan Gerakan Tanam Seribu Pohon

    BENGKALIS - Kepolisian Resor Bengkalis mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Gerakan ini dimulai dengan penanaman seribu

  • Ciptakan Lingkungan Bersih, Polsek Bengkalis Tanam Pohon

    BENGKALIS - Ciptakan Lingkungan yang bersih, sejuk dan hijau. Kapolisian Sektor Bengkalis melakukan penghijauan dengan menanam pohon yang bermanfaat seperti

  • Peduli Penghijauan, Polsek Bengkalis Tanami Pohon

    BENGKALIS - Selain menjaga keamanan di wilayahnya, Kepolisian Sektor Bengkalis memiliki tugas lain yakni penghijauan.

    Kegiatan penanaman poh

  • Mobil Pusling Berlabuh di Polbeng Car Free Day 2019

    BENGKALIS - Pada hari Minggu (24/11/2019) pagi, Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis berlabuh di Politeknik Neger

  • KOMENTAR