• Home
  • Advertorial
  • Dipersip Bengkalis Ikuti Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal

Dipersip Bengkalis Ikuti Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal

Kamis, 28 November 2019 19:28
BAGIKAN:

BENGKALIS - Sebanyak 6 orang karyawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Bengkalis mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Arsip Internal yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Kamis (28/11/2019).

Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini dilakukan selama dua hari dari tanggal 28 sampai dengan 29 November 2019 di Ruang Rapat Bidang Kearsipan Provinsi Riau. Peserta Bimtek Pengawasan Arsip Internal ini adalah Pejabat Struktural Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis yang dianggap mampu untuk melakukan audit dengan pangkat minimal III/a (penata muda).

Audit pengawasan kearsipan bertujuan untuk menjaga dan menyelamatkan aset-aset nasional serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu diperlukan penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan kaidah dan standar kearsipan sehingga mampu menjamin pencipta arsip baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Diharapkan melalui Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Internal ini, Dipersip Bengkalis mampu melaksanakan kegiatan audit arsip internal di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dengan optimal serta menciptakan administrasi bukti dari penyelenggara kearsipan dengan baik dan benar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto mengatakan kegiatan ini bertujuan memberi pembekalan kepada para calon pengawas kearsipan. Ia menyampaikan bahwa faktor pendukung keberhasilan di dalam pengelolaan kearsipan adalah komitmen pimpinan dan konsistensi pelaksana.

"Artinya, mengelola arsip bukan tanggung jawab unit kearsipan semata akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang terlibat di dalam manajemen organisasi," katanya.

Selanjutnya, Dr H Suwarto menambahkan bahwa arsip merupakan bukti hukum dan bukti sejarah perjalanan Kemendikbud yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Untuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Arsip Internal yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau pengawas kearsipan Bengkalis dibekali teknis pelaksanaan pengawasan berupa aspek, target dan proses pengawasan," ta,nah Dr H Suwarto.

Untuk diketahui, peserta-peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis tersebut adalah Kepala Bidang Kearsipan, Anuar, Kepala Seksi Kearsipan, Mastina dan Wahidah, Arsiparis, Yesi Apariani, dan Staf Kearsipan, Muska Arya.[red/adv]
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Jelang Berbuka Puasa, Kodim 0303 Bengkalis Bagi bagi Takjil

    BENGKALIS - Bulan Ramadan selalu identik bagi umat muslim dijadikan bulan yang penuh berkah dan saat yang baik untuk meningkatkan pahala. Salah satunya ialah

  • Usai Dilantik, Ini Harapan Ketua Koni Bengkalis Kepada Pengurus PBVSI Priode 2020-2024

    BENGKALIS - Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Bengkalis resmi dilantik untuk masa bakti 2020-2024. Prosesi pelantikan berlangs

  • Porkab III 2020, KONI Kabupaten Bengkalis Gelar Sayembara Desain Maskot dan Logo

    BENGKALIS - Guna mensosialisasikan dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) lll Kabupaten Bengkalis 2020. KONI

  • KONI Bengkalis Apresiasi Percasi Gelar Pertandingan Catur U17

    BENGKALIS - Ketua Pengkab Percasi, Syahrudin menyampaikan mengusulkan beberapa kelas menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bengkalis. K

  • KOMENTAR