5 Unit Kendaraan Pengangkut Sampah dan 480 Unit Tenaga Surya dari DPR RI untuk Meranti

Senin, 04 Desember 2017 17:26
*Muzamil: gunakan dan rawat dengan baik
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Kunjungan kerja (kunker) Anggota DPR RI Komisi VII, Sayed Abu Bakar A. Assegaf, ke Kabupaten Kepulauan Meranti diisi dengan penyerahan bantuan Solar Home System (Listrik Tenaga Surya) dan kendaraan pengangkut sampah.

Batuan dari hasil loby APBN berupa motor sampah itu diperuntukan untuk lima Kelurahan di Kota Sagu, diantaranya Kelurahan Selatpanjang Kota, Kelurahan Selatpanjang Barat, Kelurahan Selatpanjang Selatan, Kelurahan Selatpanjang Timur dan Kelurahan Teluk Belitung. Penyerahan berlangsung di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti jalan Dorak selatpanjang pada Senin 3 Desember 2017 pagi.

Sementara bantuan 480 unit tenaga surya diperuntukan untuk Desa Sungai Tohor Barat.

"Semoga ini dapat dipergunakan dan dirawat dengan baik sesuai fungsinya. Kita manfaatkan bantuan ini dengan baik, karena tidak mudah mendapatkan bantuan seperti ini dikarenakan akses kita yang jauh ke pusat dan keterbasan link (jaringan) kita di Pusat. Alhamdulillah dengan komunikasi dan kerjasama yang baik, bantuan ini menjadi terwujud," pesan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil.

Menurut Muzamil, ini adalah bentuk wujud komitment mereka untuk memasukan listrik di daerah yang belum dialiri listrik PLN.

"Tahun depan, kita berharap bantuan listik ini dapat kita upayakan lagi, kita berupaya Meranti dapat terang benderang dikemudian hari," tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, mengajak untuk mensyukuri atas bantuan yang diberikan oleh DPR RI tersebut. Dia berharap bantuan-bantuan ini dapat merapikan lagi proses pengolahan sampai yang tinggi di Meranti.

"Kedepan, kita berharap dapat bijak dalam mengelola sampah dangan mengelola dan memilah sampah dari rumah tangga sendiri," ujarnya.

Sayed Abubakar Fraksi Demokrat Dapil Riau I itu mengapresiasi untuk masyarakat Meranti dalam kunjungan dan silaturahminya tersebut. Menurut Sayed, ini adalah wujud mereka menyuarakan aspirasi masyarakat.

"Saya tau akses kita cukup jauh, begitu juga dengan aliran listrik. Jadi dengan adanya bantuan Solar Home System ini dapat menikmati listrik. Daerah teraliri listrik ini mudahan dapat membuat anak sekolah bisa belajar degan baik, masyarakat dapat berakitifas dengan baik dimalam hari sambil menungu PLN masuk," ungkapnya.

Tahun 2018 mendatang, sambung Sayed, pihaknya akan mengusahakan lampu penerangan jalan tenaga surya, hal ini bermanfaat meminimalisir kejahatan dan menerangi aktifitas masyrakat dimalam hari.

"Insyaallah kedepanya kita bisa diskusi dan aspirasi untuk kita perjuangkan di pusat. Masyarakat dapat mengusulkan dengan ke Wakil Bupati dan pak Muzamil," beber dia.

Sayed beraharap, komunikasi yang intensif dalam memperjiangkan kebutuhan masyarakat di Meranti kedepanya.

Kemudian, dalam acara penyerahan secara simbolik bantuan Solar Home System di Desa Sungai Tohor Barat, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepala Desa Sungai Tohor Barat mengucap terimaksih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya bantuan solar home system sangat membantu buat warganya mengingat bahwa di Desa Sungai Tohor Barat ketersedian listrik hanyalah dari listrik BuMdes yang hidup dimalam hari mulai dari jam 18.00 - 11.30 malam.(rls setwan/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR