DPR Bengkalis Desak Pemprov Riau ll Selesaikan Masalah Penyerobotan Lahan

Kamis, 24 November 2016 14:56
BAGIKAN:
BENGKALIS-Anggota Komisi II DPRD Bengkalis yang membidangi masalah pembangunan termasuk sektor kehutanan dan perkebunan mendesak Pemprov Riau melalui Dinas Kehutanan untuk segera menangani masalah kehutanan khususnya penyerobotan lahan atau hutan milik Negara untuk perkebunan kelapa sawit diseluruh Kabupaten Bengkalis.

Hal itu dilontarkan H.Mawardi menyikapi berbagai dugaan praktek illegal yang dilakukan pengusaha-pengusaha sektor perkebunan di Pulau Rupat, Pulau Bengkalis, Bukitbatu, Siak Kecil dan daerah lainnya di Bengkalis. Pemprov Riau menurutnya harus segera menyelesaikan persoalan dugaan penyerobotan lahan atau hutan Negara yang dilarang dikonversi untuk kepentingan usaha, apalagi adanya dugaan perkebunan-perkebunan kelapa sawit milik pengusaha secara individu tidak punya izin.

"Masalah di sektor kehutanan untuk pembukaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bengkalis memang sudah lama berlangsung, tapi tidak ada tindakan yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Bengkalis sejauh ini, sampai kemudian sesuai amanat uyndang-undang tugas masalah kehutanan diambil pemerintah provinsi,"terang Mawardi, kamis (24/11/2016).

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini juga mengemukakan bahwa selain melakukan pemantauan, Pemprov Riau harus melakukan cek ulang terhadap seluruh perkebunan kelapa sawit di Kabupaten bengkalis apakah mereka sudah punya izin atau belum, juga soal amdal dan perizinan lainnya. Yang tak kalah pentingnya adalah kalau perusahaan memiliki izin, apakah luas lahan yang dikelola sudah sesuai dengan izin yang didapat.

Selain itu tukas Mawardi, untuk perkebunan kelapa sawit ada aturan yang mengharuskan melibatkan masyarakat  melalui pola plasma, atau perkebunan inti rakyat (PIR) sekitar 25 persen dari luas lahan yang digarap. Apakah pola PIR atau plasma tersebut sudah dijalankan perusahaan atau belum, juga ahrus ditelusuri.

"Pemprov Riau harus melakukan pemetaan serta penataan ulang perkebunan-perkebunan kelapa sawit yang ada di kabupaten Bengkalis, karena diyakini ada pengusaha yang tidak memiliki izin. Termasuk diantaranya mengecek perusahaan-perusahaan yang tidak merealisasikan pola plasma kepada masyarakat disekitarnya,"jelas Mawardi lagi.(B. One)  
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Muhammad Puji Kreativitas Peserta Pawai Takbir

    BENGKALIS -Wakil Bupati Bengkalis Muhammad memuji inovasi dan kreatifitas pawai takbir Idul Fitri 1438 Hijriah tahun 2017.

    Menurut Muhammad, seluruh kreatifitas miniatur i
  • Ribuan Warga Bengkalis Tumpah Ruah Saksikan Pawai Idul Fitri

    BENGKALIS -Ribuan warga Bengkalis tumpah rumah disepanjang rute pawai takbir menyaksikan pawai takbir keliling diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sabtu (24/6/2017) mal
  • Muhammad Lepas Pawai Takbir Idul Fitri di Bengkalis

    BENGKALIS -Wakil Bupati Bengkalis Muhammad melepas pawai takbir hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah tahun 2017 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sabtu (24/6/2017)
  • Mapro Ikut Meriah Pawai Takbir Idul Fitri di Bengkalis, Besok Malam

    BENGKALIS -Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali menggelar pawai takbir Idul Fitri 1438 H tahun 2017. Pawai Idul Fitri merupakan agenda tahunan setiap menyambutan hari raya umat M
  • KOMENTAR