Imlek, Meranti Bakal Dibanjiri Wisatawan, Muzamil: Tinggalkan Kesan Yang Baik

Senin, 12 Februari 2018 12:46
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Pariwisata menggelar rapat finalisasi Imlek 2018 dengan Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Kantor Bupati Jalan Dorak Selatpanjang, Senin (12/2).

Rapat dibuka Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE. MM. Sebelum rapat dimulai, Sekda sempat menjelaskan tentang Cian Cui atau Perang Air sempena Imlek yang dilaksanakan masyarakat tionghoa di Selatpanjang.

Dikatakan Sekda, Cian Cui bermula dari kebiasaan saling bergurau antar penduduk tionghoa yang ada di Selatpanjang sebagai ekpresi menyambut tahun baru imlek yang berlangsung selama 6 hari. Kurun berjalan waktu, Cian Cui berkembang dan menjadi iven besar yang mempekenalkan Kepulauan Meranti dan mampu mengalahkan pesta songkran di Thailand.

"Mari kita jaga iven yang besar ini dari keamanan dan kerukunan, karena sukses iven adalah suksesnya juga Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil. Dalam sambutanya Muzamil menjelaskan, rapat finalisasi ini bertujuan agar iven tersebut nantinya berjalan lancar dan meninggalkan kesan yang baik bagi wisata yang hadir dalam memeriahkan iven yang digelar.

"Cian cui ini bukanlah merupakan tradisi tionghoa semata, melainkan sebuah iven wisata, sebab di Meranti ini tidaklah ada pantai-pantai dengan pasir bagus, maka dari itu dengan iven inilah cara kita mengenal Meranti," katanya.

Dikatakan Muzamil, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak sri wijaya air yang mana nantinya akan hadir dan meliput kegiatan iven Cian Cui dan juga akan mencari tahu apa aja yang ada di Kepulauan Meranti yang layak dipromosikan.

"Saya berharap penggelaran cian cui ini nantinya dapat memberi kesan yang baik bagi pengunjung di Meranti, dan kita mampu mengenal kuliner-kuliner yang ada di Meranti," tutup politisi Demokrat Meranti ini.

Sementara dari pihak keamanan yakni Kepolisian Resor Kepulauan Meranti mengaku akan mempersiapkan diri secara maksimal agar bisa dan mampu memberi kenyamanan baik lokal maupun wisata yang hadir.

Selain Sekda dan Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, rapat finalisasi tersebut juga dihadiri oleh Kadispapora Aza Fahroni, Kakan Kesbangpol, MUI, pihak Kepolisian, dan unsur muspida.(hms setwan/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR