Koperasi Butuh Inovasi Agar Dapat Berkembang

Rabu, 20 Maret 2019 15:09
BAGIKAN:
Ket foto : Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandy S Hum.
MERANTI - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti meminta koperasi yang ada di daerah ini bisa berinovasi agar lebih berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita ingin koperasi yang ada di Kepulauan Meranti bisa berinovasi, mempunyai program-program yang bisa menyejahterakan dan bermanfaat bagi anggota dan lingkungan," kata Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandi S Hum, Rabu (20/3/2019).

Dia minta Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagprinkop-UKM) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memaksimalkan peran koperasi. Karena, jika dikembangkan dengan baik koperasi bisa menjadi wadah yang sangat tepat untuk meningkatkan perekonomian anggota dan lingkungan sekitarnya.

"Pengurus harus benar-benar mampu mengelola koperasi sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berinovasi dan berani melakukan terobosan," ujarnya.

Disamping itu, sambung Darwin, Disdagprinkop-UKM juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada pengurus koperasi agar bisa mengembangkan usahanya.

"Koperasi dan usaha kecil menengah merupakan bagian dari pelaku usaha yang berkontribusi dalam memperkuat perekonomian masyarakat. Karenanya, peran koperasi harus benar-benar dimaksimalkan," jelas dia.

Sementara itu, Kadis Dagprinkop-UKM Kepulauan Meranti, Drs Azza Fahroni menyebutkan, di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat sekitar 200 lebih koperasi. Namun, dari jumlah tersebut saat ini hampir separuhnya tidak aktif lagi, dan tidak tahu kepengurusannya. Sementara sekitar 100 koperasi sisanya saat ini masih di bawah binaan DisperindagkopUKM Meranti.

"Kita terus mendorong agar pelaku UMKM bisa bergabung atau membentuk koperasi. Karena, makin banyak terbentuk koperasi, maka semakin banyak usaha masyarakat yang bisa dikembangkan," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Azza, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Disdagprinkop-UKM terus memantau perkembangan UMKM di daerah ini, terutama yang tergabung dalam sebuah koperasi.

"Bagi UMKM yang kelihatan mulai berkembang, akan kami bimbing terus, juga fasilitasi. Itu juga merupakan target kinerja kami," bebernya. (Adv)
BAGIKAN:
KOMENTAR