Ranperda Pilkades Segera Disahkan DPRD Bengkalis

Selasa, 29 November 2016 17:28
BAGIKAN:
Irmi Syakip Arsalan
BENGKALIS -Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pemilihan kepala desa (Pilkades) diseluruh Kabupaten Bengkalis akan segera disahkan, yang rencananya Selasa (29/11/20160 malam atau Rabu (30/11/2016). Pengesahan ranperda Pilkades menjadi Peraturan Daerah (Perda) mendesak untuk segera dilakukan, karena 93 desa belum melaksanakan pilkades menunggu selesainya payung hukum yaitu Perda Pilkades.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Pilkades DPRD Bengkalis Irmi Syakip Arsalan S.Sos ketika dikonfirmasi Selasa (29/211/2016) menyebutkan bahwa pansus akan segera melaporkan hasil kerjanya pada Selasa petang atau malam harinya. Apalagi Pansus Ranperda Pilkades diburu waktu untuk menyelesaikan pembahasan Ranperda tersebut dalam tempo dua minggu, karena bulan Desember sudah harus ranpung dan persiapan pelaksanaan pilkades.

"Kita memang diburu waktu menyelesaikan pembahasan Ranperda Pilkades tersebut. Apalagi bulan Desember mendatang pilkades di desa-desa yang sudah berkahir masa jabatan kepala desanya sudah harus dilakukan pemilihan, termasuk desa-desa pemekaran yang sampai sekarang masih dijabat penjabat (pj) kepala desa,"ungkap Irmi Syakip.

Diakuinya, pembahasan Ranperda Pilkades oleh Pansus sudah maksimal, meskipun hanya dalam waktu dua minggu. Pansus sudah melakukan konsultasi ke Kemendagri terkait tatacara dan payung hukum Pilkades melalui Perda.

Pansus sambung Irmi Syakip, dalam melakukan pembahasan sudah sampai pada tahap finalisasi, dimana ranperda yang akan disahkan nanti menjadi dasar bagi pelaksanaan pilkades yang masih terus tertunda sampai sekarang. Sehingga Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) sudah dapat memulai persiapan di desa-desa yang akan melaksanakan pilakdes.

"Pikades mutlak harus segera dilaksanakan, karena menyangkut dengan roda pemerintahan ditingkat desa.  Dan untuk laporan kerja pansus serta paripurna pengesahan ranperda masih menunggu hasil rapat pimpinan dewan, untuk disahkan,"tutup politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.(Gus)        
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Warga Tenayan Raya, Marpoyan Pekanbaru Tewas di Bengkalis Diserahkan ke Keluarga

    BENGKALIS -Warga Kelurahan Tenayan Raya, Kecamatan Marpoyan, Pekanbaru yang meninggal dunia di Warung Wanosobo Jalan Panglima Minal Desa Senggoro akhir diserahkan kepihak keluarga.
  • Ya Ampun... Ibu Digugat Anak Kandungnya Rp1,8 Miliar

    BENGKALISONE - Siti Rokayah, seorang ibu berusia 83 tahun warga Garut, Jawa Barat, digugat anak dan menantunya. Wanita renta yang memiliki 13 orang anak itu digugat Pengadilan Nege
  • Dewan Akan Panggil BKPP Bengkalis

    BENGKALIS- Hingga saat ini, belum dilaksanakannya Seleksi Terbuka atau Assessment jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis. Mendapa
  • Kapolsek Klarifikasi Isu Penculikan Anak di Pelabuhan Roro Bengkalis

    BENGKALIS -Kabar tentang adanya penculikan yang terjadi di Roro Air Putih Bengkalis cukup menggemparkan, hanya dalam hitungan jam isu ini ternyata membuat resah masyarakat.

  • KOMENTAR