Reses di Desa Binamaju dan Kedaburapat, Muzamil Tampung Keluhan Masyarakat

Kamis, 07 Desember 2017 10:27
BAGIKAN:
RANGSANG - Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil Baharudin, melaksanakan reses masa persidangan ke III tahun 2017. Kali ini, politisi Demokrat itu mengunjungi Desa Binamaju dan Desa Kedaburapat. Rabu (6/12).

Reses berjalan sukses dan mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat setempat. Dihadiri unsur Pemerintahan Desa, Perwakilan Polsek, Tokoh Masyarakat, serta lapisan masyarakat.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 Wib di Desa Kedaburapat dan dilanjutkan malam hari pukul 20.00 Wib di Desa Binamaju.

Dalam reses ini, Muzamil mendengarkan keluhan masyarakat dan menghimpun aspirasi atau usulan dari masyarakat. Mayoritas diantaranya menyampaikan masalah infrastruktur, pendidikan dan eliktrifikasi.

Mewakili Kepala Desa Binamaju, Abu Darsin kala itu menyampaikan Desa Binamaju berbahagia atas kunjungan (Reses) yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti itu.

"Tidak mudah kita mendapatkan momentum seperti ini, dapat bertatap muka secara langsung dalam menyampaikan aspirasi. Kita tau dengan jadwal bapak yang padat, mari kita cermati acara reses ini dengan baik mudah mudahan akan memberikan dampak baik bagi Desa kita," kata Abu.

Dalam sambutannya, Muzamil menjelaskan kepada masyarakat tentang Esensi dari Reses. Dikatakannya, Reses adalah masa istirahat sidang di DPRD, dimana dalam waktu tersebut setiap Anggota Dewan akan mengunjungi Daerah pemilihannya masing-masing untuk menyerap dan menghimpun aspirasi dan keluhan masyarakat.

"Kurun waktu 1 tahun, Reses ini dilakukan sebanyak tiga kali," ujarnya.

Muzamil menyampikan bahwa, Anggota DPRD setelah duduk mampunyai kewajiban (sesuai aturan Perundang-undangan) untuk terjun dan menjamput kembali aspirasi dari masyarakat dapilnya (Reses).

Selanjutnya, Muzamil juga sempat memberikan pengertian kepada masyarakat tentang keungan Daerah Meranti yang sangat terbatas. Dia menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap optimis terhadap pembangunan dengan memanfaatkan potensi daerah.

"Kita tau bahwa DAU dan DAK Kepulauan Meranti mulai dikurangi oleh Pusat, minyak tidak ada atau tidak bisa diutamakan, tapi pulau Rangsang sebagai contoh mempunyai potensi strategis dibidang ekonomi yaitu posisinya berdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Dari sisi letak geografis dan juga diuntungkan karena termasuk Pulau terdepan dan terluar yang masuk dalam rencana Pusat," tambahnya.

Kedepan, sambung Muzamil, ia berharap semua lapisan masyarakat dapat bekerjasama, saling mendukung dan bantu membantu dalam meyuarakan kepentingan dan kebaikan masyarakat.

"Dengan terjalinnya kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak, insyaallah negeri kita akan makmur dan sejahtera," ungkapnya.

Sesi terakir acara reses diadakan dialog atau diskusi antara masyarakat dan Wakil Ketua DPRD Meranti Muzamil. Dalam dialog tersebut, Muzamil kembali mengingatkan masyarakat bahwa ia bukan berjanji, tapi hasil aspirasi dari masyarakat yang akan ia perjuangkan di Kabupaten nanti.

"Sekali lagi, ini bukan janji, tapi ini adalah upaya dan tangungjawab saya pada masyarakat di dapil saya. Mari kita sama-sama doakan apa yang kita sampaikan dapat terwujud," pungkasnya.

Acara ditutup dengan salam-salam dan beramah tamah bersama masyarakat.(rls setwan/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR