Buka Lapangan Kerja, Pemkep Suak Temenggung Terus Kembangkan BUMKep

Selasa, 24 Maret 2020 22:08
BAGIKAN:
Penghulu Suak Temenggung Kartono (baju batik) saat meninjau pembangunan BUMKep depot air. | foto by:Kartono.

ROKAN HILIR - Pemerintah Kepenghuluan (Pemkep) Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir terus mengembangkan Badan Usaha Milik Kepenghuluan (BUMKep) dengan membangun fasilitas berupa satu unit depot air. 

 

Penghulu Suak Temenggung Kartono menjelaskan, pengembangan BUMKep Mitra Sinar Mandiri Kepenghuluan Suak Temenggung tahun 2020 merupakan bagian dari upaya pemberdayaan. Depot air BUMKep tersebut berukuran 5x6 ditambah dapur 4x4 meter persegi, terletak berseberangan dengan kantor kepenghuluan. 

"Pembangunan depot air tersebut dibiayai dari dana Bankeu Provinsi Riau tahun 2019 dan mudah-mudahan selesai secepatnya agar dapat difungsikan," kata Kartono kepada media ini, Selasa (24/3/2020).

Ditambahkan, untuk tahap akhir depot air BUMKep hanya menunggu tempahan galon air dan pemasangan pintu, selanjutnya dapat dijalankan. 

"Untuk perkembangan ke depan tak menutup kemungkinan masih banyak unit BUMKep yang bisa dibuat seperti BRILink, kredit peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya yang terpenting BUMKep untuk pemberdayaan masyarakat," pungkas Kartono. 

Selain BUMKep depot air, Kepenghuluan Suak Temenggung juga mempunyai BUMKep ternak sapi dengan jumlah sapi mencapai delapan ekor. Selanjutnya unit-unit BUMKep akan diperbanyak untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat. 

"Dari unit BUMKep ternak sapi kita mempekerjakan dua orang, unit depot air dua orang dan ini akan terus dikembangkan untuk unit-unit lainnya agar masyarakat pengangguran dapat bekerja tentunya hal ini dapat memperkecil angka kejahatan yang didasari faktor ekonomi," ujar Kartono. (rif)  

BAGIKAN:
KOMENTAR