Daerah Ini Tercatat Paling Miskin di Riau

Selasa, 03 Januari 2017 17:16
BAGIKAN:
riau online
Ilustrasi potret kemiskinan

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi kabuaten paling miskin di Riau. Hal tersebut disebabkan rendahnya tingkat perekonomian daerah di sana hampir di segala bidang.

Besaran jumlah penduduk miskin di kabupaten tersebut mencapai 30 persen dari total jumlah penduduk yang ada. Jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah penduduk miskin di salah satu kabupaten di Papua yang mencapai 93 persen.

"Kalau di Papua persentasenya segitu, tapi kan penduduk di sana tak banyak. Jumlahnya hampir sama dengan penduduk miskin di Kepulauan Meranti," kata Kepala BPS Riau Aden Gultom, Selasa, 3 Januari 2017.

Namun besaran tersebut tak begitu berpengaruh pada tingkat perekonomian provinsi yang masih bergerak stabil. Alasannya, jumlah penduduk Kepulauan Meranti tak begitu banyak sehingga tak pengaruhi ekonomi tingkat makro.

Sedangkan jumlah penduduk miskin terbanyak di Riau, menurut BPS sebarannya berada di Kota Pekanbaru. Namun BPS sendiri tak bisa mencatat jumlah pasti penduduk miskin yang ada di Pekanbaru.

"Penduduk miskin itu sebarannya selalu terkonsentrasi di daerah perkotaan. Pekanbaru itu pusat kota, seperti laron yang menuju sumber cahaya," tandas Aden.

Jumlah penduduk miskin di Provinsi Riau hingga bulan September 2016 mencapai angka 501,59 ribu jiwa atau sebesar 7,67 persen dari total penduduk masyarakat Riau. Jika dibandingkan dengan penduduk miskin pada September 2015 lalu berjumlah 562,92 ribu jiwa atau 8,82 persen.

"Ada penurunan 61 ribu lebih penduduk miskin dalam setahun terakhir," tandas Aden.(red/roc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Seorang Warga Sampat Inhil Tersambar Petir dan Jatuh ke Sungai

    PEKANBARU - Ahmad (22) seorang warga Parit 16 Kelurahan Sapat Kecamatan Kuindra hilang di Perairan Sungai Indragiri Kelurahan Sapat Kecamatan Kuindra Kabupat

  • Miris.. Karna Ibu Suka Nyabu Bayi Umur Lima Bulan Ikut Positif Narkoba.

    PALANGKA RAYA - Miris, bayi lima bulan terdiagnosa positif sabu. Bayi malang ini positif sabu melalui air susu ibu (ASI) tersangka kasus narkoba R (22) warga

  • Kepala Dinas Operasi Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Sejurradum Angkatan Ke-39

    KARANGANYAR - Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pnb A.P.U. Tarigan mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M.Tonny Harjono membuka pendidikan S

  • Berkas Perkara Dimas Kanjeng P21, Tersangka dan Barang Bukti Dilimpahkan Kejati Jatim

    JATIM - Taat Pribadi pemilik sekaligus pemimpin Padepokan Dimas Kanjeng di Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dikeluarkan dari ruang tahanan Polda Jaw

  • KOMENTAR