Lupa Password? Jangan Panik, Buka Android Dengan Cara Ini

Sabtu, 07 Juli 2018 13:51
BAGIKAN:
ILUSTRASI

BENGKALISONE - Lupa password android baik berupa angka atau pola kunci seringkali membuat panik, sebab membuat smartphone tidak bisa diakses.

Selain lupa, kemungkinan smartphone yang terkunci telah dibuka oleh teman atau orang lain menggunakan password yang salah berulang kali. Alhasil, saat pengguna memasukkan password, smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Begini solusinya...

Pertama, langkah ini bisa menjadi solusi bagi smartphone yang 'dipaksa' dibuka orang lain dengan beberapa kali memasukkan password yang salah. Caranya dengan mengklik 'Forgot password` atau `Pattern`.

Selanjutnya, masukkan username dan password akun Google kamu dan tekan Sign in. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan dulu smartphone kamu bisa mengakses internet, baik melalui koneksi Wifi atau paket kuota data internet.

Namun, jika smartphone kamu secara kebetulan tidak dapat mengakses jaringan internet, cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah melakukan panggilan telepon dari smartphone lain ke Android kamu yang bermasalah.

Kamudian, jawablah panggilan telepon itu dan jangan sampai ditutup. Lalu tekan tombol Home dan masuk menu Setting. Selanjutnya, aktifkan internet agar dapat memasukkan password email dan bisa Sign ini kembali.

Jika ingin membuat password yang baru, kamu bisa membuat password berupa pola kunci atau angka di menu Setting.

Ketiga, kalau kamu benar-benar lupa password akun Google, kamu bisa melakukan factoryy data reset melalui Android recovery. Langkah ini memungkinkan kamu untuk mengakses smartphone dan memperbarui ponsel.

Caranya, matikan dulu smartphone Android kamu, lalu tekan dan tahan tombol 'Volume up' atau tombol untuk memperbesar suara dan tombol Power secara bersamaan, lalu lepas setelah 3-5 detik.

Selanjutnya, masuk ke `Recovery mode` pilih `Data/factory reset'. Langkah terakhir, Anda dapat memilih `Reboot system now`. Cara ini akan memperbaiki masalah dan memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon lagi.

Selamat mencoba...

Artikel ini kali pertama diterbitkan Liputan6.com
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Sulitnya Menggapai Pendidikan, Siswa Harus Berlumpur ke Sekolah. Dimana Pemerintah?

    PINGGIR - Kondisi infrasruktur jalan Gajah Mada di wilayah Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau kini semangkin meprihatikan. Apalagi kala intensitas hujan ya

  • Terungkap, Pasukan Penindak Terorisme Bukan Densus 88. Siapa?

    JAKARTA - Masyarakat selama ini sudah salah dalam menilai satuan atau unit kepolisian yang melakukan penindakan dalam kasus tindak pidana terorime. Hal ini diungkapkan Kepala

  • Puluhan Warga Desa Berancah Antusias Ikuti Sosialisasi Posbindu PTM

    BENGKALIS - Hampir 50 warga Desa Berancah, Kecamatan Bantan antusias mengikuti Sosialisasi dan Penyuluhan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), Penyakit Tidak Me

  • 16 November, Giliran Maruf Amin Sambangi Riau, ini Jadwalnya...

    PEKANBARU - Ketua Tim Koalisi Daerah (TKD) Riau Indonesia Kerja Idris Laena memastikan Calon Wakil Presiden Maruf Amin akan mengunjungi Provinsi Riau pada ta

  • KOMENTAR