Pemkab Berencana Genjot PAD dari Sektor PBB

Senin, 06 November 2017 07:13
BAGIKAN:
BENGKALIS -Pemerintah Bengkalis berencana akan mengenjot pendapatan daerah dari sektor Pajak bumi dan bangunan (PBB). Hal ini diungkap Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Bengkalis Syahruddin, Minggu (5/11/2017).

Syahruddin mengatakan,untuk peningkatan pajak tersebut, pada tahun 2018 mendatang pihaknya akan melakukan pendataan terhdap PBB perdesaan dan perkotaan, zona nilai tanah (ZNT), dan Nilai jual objek pajak (NJOP) di seluruh kabupaten Bengkalis. dari hasil pendataan ini nantinya pihak Bapenda akan melakukan perbaikan data dan nilai pajak.

"Selama ini sejak tahun 2014 belum pernah kita lakukan pendataan dan perbaikan nilai pajak tersebut, perbaikan data ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 55 tahun 2016 yang mewajibkan melakukan perubahan data tiga tahun sekali," terang Syahruddin.

Menurut dia, target perubahan nilai PBB ini bisa meningkat seratus persen setelah melakukan pendataan ini. "Kalau tahun 2017 ini target penerimaan kita dari PBB hanya sebesar 9 miliar rupiah, nantinya setelah pendataan di tahun 2018, di tahun 2019 peningkatan pajak mencapai 16 miliar rupiah atau paling tidak dibawah 20 miliar rupiah," jelas Syahruddin.

Menurut dia setelah pendataan dilakukan, pihaknya tidak begitu saja melakukan kenaikan nilai pajak PBB tersebut. Namun data yang didapat akan dilakukan kajian terlebih dahulu, terkait ring kenaikan pajak yang akan dilakukan.

"Hasil kajian ini nantinya yang akan ditetapkan melalui peraturan bupati, besaran nilai pajak yang akan dinaikkan," kata dia.

Menurut dia, langkah pendataan akan dilakukan pada tahun 2018 ini, selain itu pihaknya juga akan menyiapkan sistem dan tim ahli. Sementara penetapan kenaikan pajaknya akan dilakukan awal bulan Maret 2019, sehingga tahun 2019 itu juga bisa diterapkan nilai pajak barunya.

"Penilaian kita PBB ini merupakan sangat potensil untuk meningkatkan pendapatan kita, apalagi jumlah SPT PBB di Bengkalis baik perkotaan maupun perdesaan 104.1000 SPT, jadi sangat potensil untuk ditingkatkan," tandasnya.(r)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Seorang Ibu Mengamuk Histeris di Disdukcapil, Ini yang Terjadi..?

    PELALAWAN - Seorang ibu berteriak histeris di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan, Kamis, 20 September 2018. Wan

  • Polres Kampar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018

    KAMPAR - Rabu pagi (19/9/2018) pukul 08.15 WIB di Lapangan Pelajar Bangkinang dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018 Polres Kampar

  • Polres Meranti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus Tahun 2018

    MERANTI - Polres Meranti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus Tahun Tahun 2018 bertempat di Halaman Mapolres Kep. Meranti Jl. Pembangunan I Se

  • Kapolda Riau Pimpin Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Muara Takus 2019

    PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Peihastopo MM tadi pagi pimpin apel gelar pasukan Mantap Brata Muara Takus tahun 2019. Ra

  • KOMENTAR