UAS dan Syamsuar Lelang Kurma Tunisia Usai Dipanen di Masjid An-Nur

Senin, 09 Juli 2018 23:36
BAGIKAN:

PEKANBARU - Ustad Abdul Somad (UAS) dan Bupati Siak, Syamsuar sukses menarik perhatian ratusan warga Kota Pekanbaru pada panen perdana kurma di Masjid Raya An-Nur., Senin, 9 Juli 2018, UAS dan Syamsuar turut terlibat dalam lelang buah kurma dari sebatang pohon dalam bentuk ruthob tersebut.

Pohon kurma yang hanya menghasilkan tiga tandan buahnya itu ditawarkan dimulai dari harga Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu dengan cepat dan ludes terjual dan diperebutkan oleh masyarakat. Terlebih lagi buah kurma dipanen oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memanen langsung buah kurma yang ditanam di halaman masjid itu.

Masyarakat juga tampak rela mengantri mengabadikan pelelangan kurma ini di bawah teriknya mentari dan berswafoto bersama dengan kedua tokoh masyarakat ini.

Selama berada di halaman masjid, UAS mengatakan bahwa selain disebutkan dalam Alquran, tanaman ini juga akan dapat mendatangkan pahala bagi setiap siapa yang dapat menanamnya.

"Dalam Al Quran kurma ini disebut sebanyak 21 kali. Selain itu kurma ini juga dapat dijadikan sebagai ladang amal kita. Kalau menghasilkan buah jadi amal, kalau besar pohonnya jadi tempat berteduh juga jadi amal bahkan sampai keanak cucu kita karena kurma bisa hidup mencapai ratusan tahun," jelasnya dilansir RIAUONLINE.CO.ID,

Sementara itu, Gubernur Riau terpilih sekaligus Bupati Siak, Syamsuar mengatakan akan mengembangkan tanaman jenis ini karena banyak memiliki khasiat walaupun di Riau masih tergolong jarang terjadi.

"Kurma merupakan produk yang mulai dikembangkan di Riau, walaupun Siak sudah mulai menanamnya sedikit-sedikit. Kedepannya, kita harap industrinya juga akan bertumbuh di Riau," ujarnya.

Sukses mengembangkan tanaman kurma dihalaman Mesjid Raya An-Nur, Pekanbaru, lembaga riset yang konsen dengan tanaman kurmanya, Indonesia Date Palm Asosociation (IDPA), Riau lakukan panen perdananya.

Bendahara sekaligus petugas lapangan IDPA Riau, Sugeng Khairudin mengatakan bahwa panen perdana ini dilakukan karena salah satu dari 54 batang kurma yang mereka tanami sukses mengeluarkan buahnya dalam bentuk ruthob.

"Jadi, dari ke 54 batang kurma yang kami tanami bertepatan dengan hari sumpah pemuda 2016 silam itu, salah satu dari pohonya ada yang berbuah dan siap dipanen," katanya di halaman Mesjid, Senin, 9 Junu 2018.

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Seorang Ibu Mengamuk Histeris di Disdukcapil, Ini yang Terjadi..?

    PELALAWAN - Seorang ibu berteriak histeris di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan, Kamis, 20 September 2018. Wan

  • Polres Kampar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018

    KAMPAR - Rabu pagi (19/9/2018) pukul 08.15 WIB di Lapangan Pelajar Bangkinang dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018 Polres Kampar

  • Polres Meranti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus Tahun 2018

    MERANTI - Polres Meranti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus Tahun Tahun 2018 bertempat di Halaman Mapolres Kep. Meranti Jl. Pembangunan I Se

  • Kapolda Riau Pimpin Apel Gelar Pasukan Mantap Brata Muara Takus 2019

    PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Drs. Widodo Eko Peihastopo MM tadi pagi pimpin apel gelar pasukan Mantap Brata Muara Takus tahun 2019. Ra

  • KOMENTAR