3 ASN Dinas LHK Tersangka Pungli Terancam Dipecat Tidak Hormat

Selasa, 10 Januari 2017 17:57
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
Ilustrasi

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengancam Pemprov Riau akan melakukan pemecatan secara tidak hormat kepada tiga orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang kini ditahan oleh Kepolisian Daerah Riau atas dugaan pemerasan.

Ahmad Hijazi mengatakan terlebih dulu akan menunggu proses hukum yang kini tengah berjalan di Polda Riau. Jika nanti dalam pendalaman bukti, ketiganya terbukti, sanksi pemecatan tidak hormat adalah konsekuensi paling berat yang akan mereka terima.

"Kita menunggu proses pidananya dulu dari putusan pengadilan. Jika sudah ada keputusan pidananya, ketiganya akan kita proses secara aturan kepegawaian," kata Hijazi, Selasa, 10 Januari 2017.

Sebagai Sekda, ia mengaku sangat kecewa dengan ulah tiga PNS ini yang melakukan pemerasan dengan menggunakan kekuatannya sebagai aparatur negara. Ini merupakan salah satu tindak pidana korupsi yang harus diberantas pada segala sektor pemerintahan.

Apalagi, tepat sebulan lalu, Riau menjadi tuan rumah perayaan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016. Pada perayaan tersebut, Riau berkomitmen untuk meningkatkan integritas pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Sekarang kita masih mengedepankan asas praduga tak bersalah pada ketiganya. Namun jika sudah inkrah di pengadilan, Inspektorat dan BKD akan segera memproses sanksinya," jelasnya.

Sabtu lalu, 7 Januari, Tim Saber Pungli Polda Riau melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada tiga orang ASN Dinas LHK di Kampar. Ketiganya berinisial SCH (39), JH (48) dan He (43) itu dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) dan terancam hukuman tujuh tahun penjara. Kini, ketiga ASN itu sudah ditahan Polda Riau.(red/roc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kejaksaan Tetapkan Mantan Penjabat Kades Batang Duku, Bengkalis Tersangka

    BENGKALIS -Kejaksaan Negeri Bengkalis menetapkan mantan Penjabat Kades Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis berinisial H tersangka korupsi dana desa, Senin (21/8/2017) kema
  • Tiga Komoditi Mulai Naik

    PEKANBARU - Bulog Divre Riau Kepri memantau beberapa bahan pangan strategis mulai naik. Kenaikan ini dipicu dengan tren meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat jelang Idul Adha. <
  • Pekerja di Bengkalis Tewas Terjebak Excavator

    BENGKALIS -Naas dialami Mangiring Butarbutar (21), beridentitas warga Haporusan Kelurahan Gunung Meriah, Kecamatan Dolak Pangaribuan, Kabupaten Simalunggun, Sumatera Utara, tewas a
  • Tidak Ada Bentrokan Unras dan Ormas PP, Kapolres: Berjalan Lancar dan Aman

    BENGKALIS -Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni SIK menyebutkan bahwa Aksi Demo yang di lakukan oleh Gerakan Rakyat (Gerak) Kabupaten Bengkalis Senin, (21/8/2017) berlangsung aman d
  • KOMENTAR