3 ASN Dinas LHK Tersangka Pungli Terancam Dipecat Tidak Hormat

Selasa, 10 Januari 2017 17:57
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
Ilustrasi

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengancam Pemprov Riau akan melakukan pemecatan secara tidak hormat kepada tiga orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang kini ditahan oleh Kepolisian Daerah Riau atas dugaan pemerasan.

Ahmad Hijazi mengatakan terlebih dulu akan menunggu proses hukum yang kini tengah berjalan di Polda Riau. Jika nanti dalam pendalaman bukti, ketiganya terbukti, sanksi pemecatan tidak hormat adalah konsekuensi paling berat yang akan mereka terima.

"Kita menunggu proses pidananya dulu dari putusan pengadilan. Jika sudah ada keputusan pidananya, ketiganya akan kita proses secara aturan kepegawaian," kata Hijazi, Selasa, 10 Januari 2017.

Sebagai Sekda, ia mengaku sangat kecewa dengan ulah tiga PNS ini yang melakukan pemerasan dengan menggunakan kekuatannya sebagai aparatur negara. Ini merupakan salah satu tindak pidana korupsi yang harus diberantas pada segala sektor pemerintahan.

Apalagi, tepat sebulan lalu, Riau menjadi tuan rumah perayaan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016. Pada perayaan tersebut, Riau berkomitmen untuk meningkatkan integritas pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Sekarang kita masih mengedepankan asas praduga tak bersalah pada ketiganya. Namun jika sudah inkrah di pengadilan, Inspektorat dan BKD akan segera memproses sanksinya," jelasnya.

Sabtu lalu, 7 Januari, Tim Saber Pungli Polda Riau melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada tiga orang ASN Dinas LHK di Kampar. Ketiganya berinisial SCH (39), JH (48) dan He (43) itu dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) dan terancam hukuman tujuh tahun penjara. Kini, ketiga ASN itu sudah ditahan Polda Riau.(red/roc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bocah di Bengkalis Ini Berjuang Melawan Kanker Tenggorokan

    BENGKALIS - Chelsi Agustina, bocah 9 Tahun asal kabupaten Bengkalis tetap tegar meski fisiknya tidak biasa. Pasangan Andri Kurniawan dan Tera Wati divonis menghidap penyakit kanke
  • Pelaku Mutilasi Diringkus, Netizen: Bravo Pak Polisi

    BENGKALIS -Keberhasilan Kepolisian meringkus pelaku pembunuh disertai mutilasi terhadap Bayu Santoso di Desa Tanjung Medang, Rupat Utara, Bengkalis menuai apresiasi dari netizen. <
  • Pelaku Pembunuh dan Mutilasi Bayu Santoso Diringkus Disebuah Apartment di Jakarta Utara

    BENGKALIS -Kepolisian Resorts Bengkalis, Polda Riau dan Polres Jakarta Utara berhasil membekuk Harianto (28) pelaku pembunuhan disertai mutilasi terhadap korban Bayu Santoso di Des
  • Rapat Pleno Tahun 2017, Berikut Agenda Mantap KNPI Untuk Kabupaten Bengkalis

    BENGKALIS -Setelah sukses menggelar berbagai kegiatan di tahun 2016 yang lalu. Kini para pemuda yang tergabung di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkalis, siap
  • KOMENTAR