Kasus Kaburnya Bandar Narkoba Asal Malaysia

BAK Lipun: Bukan Hanya Kelalaian, Dugaan Aliran Dana Juga Harus Diungkap

Jumat, 19 Januari 2018 18:04
BAGIKAN:

BENGKALIS - Sekretaris BAK- Lipun Wan Muhammad Sabri mengatakan penegak hukum jangan hanya memproses para oknum pegawai Lapas terkait kelalaian saja. Dugaan penerimaan suap harus dikuak agar kasus itu terang bendarang dan tidak lagi menjadi pertanyaan publik.

Demikian itu perlu dilakukan, guna mengetahui penyebab mudahnya aksi pelarian terpidana 15 tahun penjara tersebut. Apalagi, dugaan pelicin terkuak di sidang kode etik terhadap oknum pegawai Lapas yang bertugas kala itu.

"Kasus ini menyangkut aparat penegak hukum, pegawai Lapas juga aparat penegak hukum. Kita minta kasus ini tidak ditutup sampai kelalaian saja, harus dibongkar setuntasnya. Bilamana benar ada dugaan aliran dana, ini sudah tindak pidana korupsi, "ungkapnya, Jum'at (19/1/2018).

Berita terkait: SPDP Diterima! Kejari 'No Coment' Terkait Suap Kaburnya Bandar Narkoba dari Lapas Bengkalis

Selain meminta penegak hukum mengusut tuntas, Wan Sabri berharap Kementerian Hukum dan HAM bersikap tegas terhadap anak buahnya yang nakal. Ketegasan itu harus dilakukan agar kasus serupa tidak terulang kembali.

"Kita minta itu harus dilanjutkan sampai ke pusat. Dia sebagai aparat di Lapas itu disebut melakukan kelalaian, kelalaian itu karena apa? Kalau karena uang berarti udah korupsi itu. Kejaksaan jangan menutup diri, jika perlu tarik ini kasus. Tuntaskan, jangan sampai dugaan berkembang hanya sebatas kode etik,"imbuhnya.

BAK-Lipun  berharap kasus kaburnya narapidana Mohammad Azizie tidak dipandang sebuah kasus kecil. Apabila penyebabnya tidak diusut tuntas, bukan tidak mungkin bakal ada kasus sama kembali terjadi.

"Persoalan ini kecil tapi embrionya yang besar. Kalau Lapas kita bersih kita yakin pembinaan jalan. Kalau sapunya tak bersih bagaimana pembinaan mau jalan, malah nanti (napi) keluar masuk lagi,"pungkas Sekretaris BAK Lipun Wan Muhammad Sabri.[eka]
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Sekda Bustami Pimpin Apel Hari Kesadaran Nasional

    BENGKALIS - Bersama-sama adalah sebuah awal, menjaga kebersamaan adalah sebuah perkembangan, dan bekerja bersama adalah sebuah kesuksesan.
    &
  • Ketua Basnaz Bengkalis Berdakwah di Hongkong

    BENGKALIS - Membanggakan, Ustadz Asal Negeri Junjungan, Ali Ambar LC. M.Ag, akan berdakwah di Hongkong. Kehadiran alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir
  • Gantikan Heru Wahyudi, DPRD Bengkalis Lantik PAW Syaukani

    BENGKALIS - Senin (19/02/2018) sekitar pukul pukul 11:10 WIB, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rang
  • Terkait Ujaran Kebencian, DPC PDI P Bengkalis Masih Menunggu Iktikad Baik Pemilik Akun Fb

    BENGKALIS - Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PDI-P Kabupaten Bengkalis, Suibri mengatakan masih menunggu ikti

  • KOMENTAR