Diduga Lakukan Pungi, Tipikor Polres Bengkalis Tangkap Oknum STAIN Bengkalis

Jumat, 27 Juli 2018 11:54
BAGIKAN:

BENGKALIS - Seorang Honorer, bagian Staf Admistarasi Umum dan Keuangan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Bengkalis dikabarkan ditangkap Unit Tindak Pidan Korupsi (Tipikor) Polres Bengkalis. Pelaku diketahui berinisial DM (36) warga Jalan Pramuka Gang Kusuma RT003 RW 005 Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis itu diamankan terkait tindak kejahatan pungutan Liar (pungli,red).

Informasi yang dirangkum, DM diduga melakukan tindak pidana pungli terkait pembayaran semester mahasiswa. Sesuai ketentuan pembayaran semester hanya sebesar Rp1.200,000, tetapi pihak STAIN Bengkalis menerima kelebihan pembayaran dari yang dimintakan kepada Mahasiswa sebesar Rp 300,000 dengan alasan untuk kebutuhan Operasional pihak STAIN.

Adapun barang bukti yang diamankan sebagai barang bukti (BB) yaitu uang tunai sebesar Rp17.400,000,- yang terkumpul dari 58 orang Mahasiswa. Dimana setiap mahasiswa harus dikenakan membayar lebih sebesar Rp300,000,-. Jadi, untuk total keseluruhan uang hasil OTT Saber Pungli Polres Bengkalis yang diamankan penyidik Tipikor Polres Bengkalis sebesar Rp18.900,000,-.

BACA JUGA: Lagi Nyabu, Residivis Ini Tak Berkutik Digrebek Polisi

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto ketika dikonfirmasi RiauGreen.com, Jum'at 27 Juli 2018 membenarkan dengan adanya dugaan OTT tersebut. Malah ia sendiri menyuruh untuk mengkonfirmasi hal tersebut ke Kasatreskrim Polres Bengkalis.

"Nanti ke Kasatreskrim aja mas. Dan masalah ini masih didalami," ungkap Kapolres singkat.

Adanya OTT di STAIN Bengkalis tersebut, berdasarkan adanya laporan dari beberapa orang Mahasiswa yang berkuliah di STAIN Bengkalis khususnya kelas Non Reguler (Ekstensi) bahwa pembayaran uang semester sebesar Rp1.500,000,-.

Uang tersebut dibayarkan langsung ke bagian keuangan pada STAIN Bengkalis, namun pada kwitansi pembayaran nominan uang tertera hanya Rp1.200,000,-. Sementara sisa uang Rp300,000,- tidak dibuatkan pertanggungjawaban penerimaan terhadap uang tersebut.

BACA JUGA: Penyidik Polda Riau Periksa 55 Orang Saksi Korupsi Bansos Bengkalis

Saat ini, menurut informasi terhadap ketua STAIN Bengkalis, Kasubag Umum dan Keuangan, Sekretaris dan Honores Staf Keuangan STAIN Bengkalis telah diamankan di Polres Bengkalis.

Sementara itu, salah seorang Dosen di STAIN Bengkalis yang enggan disebutkan namanya ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengaku tidak mengetahui permasalahan tersebut. Tetapi ia membenarkan dengan adanya kedatangan pihak Polres Bengkalis.

"Saya tidak tau masalah sebenarnya, tetapi memang benar ada polisi yang datang ke STAIN Bengkalis,"ujar singkat salah seorang Dosen yang enggan disebutkan namanya tersebut.[And]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kasat Polair Bengkalis Sebut 7 Korban KLM Alisa Indah Terbakar Kondisi Selamat

    BENGKALIS - Tujuh awak kapal KLM Alisa Indah GT 136 yang terbakar, Jumat, 15 Februari 2019 sekitar 13.30 WIB siang di perarian bengkalis kini telah diamankan

  • KLM Alisa Indah GT 136 Terbakar Di Perairan Bengkalis

    BENGKALIS - Kecekakaan kapal kembali terjadi peraian Bengkalis, Jumat (15/2) siang. KLM Alisa Indah GT 136 terbakar sekira pukul 13.30 WIB.

  • Kejari Bengkalis tetapkan 4 Tersangka Korupsi UED-SP

    BENGKALIS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bengkalis telah menerima pelimpahan semua berkas empat tersangka dalam kasus Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam

  • Beginilah Cerita Ali, Nelayan Bengkalis Temukan Warga Myanmar Hanyut Di laut

    BENGKALIS - Nelayan Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau menyelamatkan seorang warga Negara Asing (WNA) yang ditemukan di tengah l

  • KOMENTAR