• Home
  • Hukum & Kriminal
  • Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Suparman Bakal Diberhentikan dari Jabatan Bupati Rohul

Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Suparman Bakal Diberhentikan dari Jabatan Bupati Rohul

Kamis, 07 Desember 2017 15:47
BAGIKAN:

ROKAN HULU - Pasca dieksekusi ke lembaga permasyarakatan Sukamiskin Bandung, Bupati Rohul, H. Suparman, S.Sos. M.Si juga bakal diberhentikan dari jabatanya sebagai bupati Rohul.

Ketua DPRD  Rohul, Kelmi Amri, SH memastikan, pemberhentian Suparman sebagai bupati Rohul ini tidak perlu dilakukan melalui mekanisme Paripurna di DPRD Rohul, tetapi cukup diberhentikan oleh menteri dalam negeri (Mendagri).

Kelmi Amri yang dihubungi melalui telpon selulernya, Rabu (6/12/2017)mengatakan sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014  pemberhentian kepala daerah  melalui mekanisme paripurna DPRD, dilakukan jika DPRD melakuan impactman atau pemakzulan, dikarenakan adanya krisis kepercayaaan publik, kepala darah melakukan tindakan asusila, kepala daearah mengundurkan diri, atau meninggal dunia.

Namun untuk persoalan hukum, yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, mekanisme pemberhentian kepala daerah dan pengangkatan wakil kepala daerah sebagai kepala daerah  dilakukan langsung oleh Menteri dalam negeri melalui usulan dari Gubernur Riau.

Dalam posisi ini DPRD Rohul, hanya bersifat pasif, serta menunggu surat pemberhentian dari mendagri.

Sambil menunggu surat pemberhentian resmi dari mendagri, Kelmi meminta agar roda pemerintah di kabupaten Rokan Hulu tetap berjalan normal.

Semua pihak diminta menghormati dan menghargai keputusan ini dengan cara cara yang baik, serta tidak boleh melakukan respon berlebihan dan harus saling menjaga persaaan.[poc]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tidak Dapat Dukungan PDIP, Pasangan Harris-Yopi Sebut Sudah Siapkan Strategi Menuju Riau 1

    PEKANBARU - Meskipun sejak awal, dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah diklaim oleh pasangan calon gubernur HM Harris dan Yopi Ari

  • Setelah Diusung PDIP, Warganet Ramai-ramai Pastikan tak Pilih Andi Rachman di Pilgubri 2018

    PEKANBARU - Usai memperoleh Surat Rekomendasi yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Gubernur Riau petahana ju

  • Satlantas Polresta Pekanbaru bersama Riau Safety Driving Center Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas

    PEKANBARU - Puluhan karyawan dari PT. Elnusa Petrofin Siak, Pekanbaru mengikuti pelatihan Safety Driving, di Hotel Dafam pada Senin (18/12/2017) pagi.

  • Gibran Jokowi 'Anak Presiden Zaman Now' saat Kena Delay dan Kehujanan

    JATIM - Menjadi anak seorang presiden, mungkin menjadi impian banyak orang. Sebab, tak jarang putra orang nomor satu di suatu negara mendapatkan banyak fasil

  • KOMENTAR