Direktur PT Hutahean, Harangan Wimar Hutahean Ditetapkan sebagai Tersangka

Rabu, 06 Desember 2017 15:35
BAGIKAN:

PEKANBARU - Direktur Utama sekaligus pemilik PT Hutahean yakni Harangan Wimar Hutahean (HW), ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau.

Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit ini diduga telah melakukan perambahan hutan diluar Hak Guna Usaha (HGU).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, AKBP Gidion Arif Setyawan.

"Sudah. HW Hutahaean mewakili korporasi sebagai tersangka," kata Arif pada Selasa (5/12/2017).

Sementara itu untuk berkas perkara PT Hutahean hingga saat ini masih berada di Polda Riau karena menunggu petunjuk dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Riau.

"Ya sementara kita masih melengkapi petunjuk P-19 dari JPU," sebutnya.

Sebelumnya, penyidik juga sudah memeriksa beberapa orang saksi termasuk saksi ahli.

Kasus ini mulai terkuak ketika Kelompok masyarakat Koalisi Rakyat Riau (KRR) melalui Koordinator KRR Fachri Yasin, melaporkan 33 perusahaan di Riau ke Polda Riau karena diduga telah melakukan tindak pidana menguasai kawasan lahan dan hutan secara ilegal pada Senin (16/1/2017) lalu.

Menurut Fachri, berdasarkan data Panitia Khusus Monitoring dan Evaluasi perizinan DPRD Riau, 33 perusahaan sawit tadi diduga berada di dalam kawasan hutan seluas 103.320 hektare.  

Kemudian sekitar 203.977 hektare kebun sawit lagi ditanam tanpa menggunakan izin Hak Guna Usaha (HGU). Dari 33 perusahaan ada empat yang naik ke penyidikan yakni PTPN V, PT Ganda Hera Hendana, PT Seko Indah dan PT Hutahaean yang kemudian ditetapkan tersangka.[poc]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tidak Dapat Dukungan PDIP, Pasangan Harris-Yopi Sebut Sudah Siapkan Strategi Menuju Riau 1

    PEKANBARU - Meskipun sejak awal, dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah diklaim oleh pasangan calon gubernur HM Harris dan Yopi Ari

  • Setelah Diusung PDIP, Warganet Ramai-ramai Pastikan tak Pilih Andi Rachman di Pilgubri 2018

    PEKANBARU - Usai memperoleh Surat Rekomendasi yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Gubernur Riau petahana ju

  • Satlantas Polresta Pekanbaru bersama Riau Safety Driving Center Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas

    PEKANBARU - Puluhan karyawan dari PT. Elnusa Petrofin Siak, Pekanbaru mengikuti pelatihan Safety Driving, di Hotel Dafam pada Senin (18/12/2017) pagi.

  • IDAI: Kasus KLB Difteri Indonesia Terbesar di Dunia

    JAKARTA - Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR. Dr. Aman Pulungan, Sp.A(K), mengatakan bahwa kasus kejadian luar biasa difteri (KLB)

  • KOMENTAR