• Home
  • Hukum & Kriminal
  • Diskop UMKM Bengkalis Bakal Bubarkan 87 Koperasi, Diantaranya Koperasi Simpan Pinjam

Diskop UMKM Bengkalis Bakal Bubarkan 87 Koperasi, Diantaranya Koperasi Simpan Pinjam

Selasa, 17 April 2018 21:04
BAGIKAN:
ILUSTRASI

BENGKALIS - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis bakal membubarkan sedikitnya 87 koperasi di Negeri Junjungan ini karena dinilai sudah tidak aktif lagi.

"Delapan puluh tujuh koperasi di kabupaten bengkalis itu akan dibubarkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah," kata Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Diskop UMKM Kabupaten Bengkalis, Suiswantoro, Selasa 17 April 2018.

Diakui Suiswantoro, delapan puluh tujuh koperasi tersebut merupakan usulan pada tahun 2016 lalu sebanyak 120 koperasi yang tidak aktif lagi.

"Pada tahun 2016 lalu pihak Kementerian mengusulkan ke kita untuk memverifikasi Koperasi yang diduga tidak aktif sebanyak 120 koperasi. Pada tahun 2017 kemarin berhasil kita verifikasi sebanyak 87 koperasi," katanya.

Pembubaran koperasi itu juga, lanjut Suiswantor. Pembubaranya akan dilaksanakan secara nasional dan akan diumumkan di Bogor. Pembubaran koperasi tersebut berserta koperasi lainnya di seluruh Indonesia pada hari Kamis pekan ini.

"Koperasi yang dibubarkan ini, rata rata koperasi simpan pinjam yang badan hukumnya berdiri diperkirakan pada tahun1999 sampai tahun 2000. Namun saat ini tidak ditemui lagi kantor, anggota serta pengurusnya," ujarnya.

Selain pembubaran koperasi yang diusulkan Kementerian itu, Diskop UMKM Bengkalis sendiri juga telah mengusulkan sebanyak 326 koperasi untuk dibubarkan pada tahun 2017 kemarin. Namun usulan ini belum di tindaklanjuti oleh pihak Kementrian.

Menurutnya, pembubaran koperasi ini sengaja dilakukan karena saat ini data yang keluar dari online data sistem (ODS) Koperasi banyak yang sudah tidak aktif lagi koperasinya. Sehingga pihaknya merasa kesulitan untuk melakukan monitoring, pengawasan dan pembinaan koperasi tersebut.

"Kalau di ODS ini isinya semua koperasi yang aktif kita jadi gampang dalam melakukan pengawasannya. Sementara saat ini masih ada yang tidak aktif menjadi sulit untuk melakukan pengawasan," ungkapnya menambahkan.[And]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Caleg Partai Pengusung Di Bengkalis 'Ogah' Pasang Poto Jokowi

    BENGKALIS - Kebanyakan, para Calon Legislatif (Caleg) dari partai politik pengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 d

  • Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Mandau

    BENGKALIS - Jajaran tim opsnal Satreskrim Polsek Mandau, Polres Bengkalis kembali mengamankan satu orang pemuda diduga pelaku tindak pidana narkotika jenis s

  • Disambut Ribuan Warga Duri, Sandi Uno Sebut Angin Kemenangan 02

    DURI - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan nya ke tanah kelahiranya Duri, Riau mengaku sangat terharu mendapatkan bant

  • Hampir 2 Jutaan Kertas Suara Tiba Di Bengkalis Gunakan 10 Truk Colt Diesel

    BENGKALIS - Sebanyak 1.972.700 surat suara bagian dari logistik Pemilu 2019, sudah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis.

  • KOMENTAR