Imigrasi Bengkalis Ajak Masyarakat Awasi Imigran Gelap

Jumat, 07 Maret 2014 16:42
BAGIKAN:
Agussetiawan
Delapan WNA Banglades saat di amankan di Bengkalis
BENGKALIS, POG - Kepala Imigrasi Klas II A Kabupaten Bengkalis, Ferdi Sumanto, berharap masyarakat Kabupaten Bengkalis, dapat melaporkan apabila melihat dan mengetahui Warga Negara Asing (WNA) yang berkeliaran di Daerah Bengkalis, tanpa memiliki surat izin masuk ke wilayah Indonesia umumnya.

Budi Priyatno kepada bengkalisone.com, Jum'at (7/3/2014) Bengkalis merupakan salah satu zona perbatasan antar negara yang sangat dekat, sementara wilayahnya berada dengan jarak yang lumayan jauh dari pantauan pihak Imigerasi sendiri.

“Kalau tanpa kerja sama semua pihak, seperti kepolisian, pemerintah desa, maupun masyarakat langsung, kita memang tidak dapat memantau secara keseluruhan untuk imigran gelap yang datang ke daerah ini,” ungkapnya.

Diakui Ferdi, personil Imigrasi Bengkalis, memang dalam keadaan sangat minim untuk memantau seluruh wilayah di Bengkalis. Akibatnya tak jarang kasus pendatang haram sering terjadi  dan masuk di Kabupaten Bengkalis.

“Itu tadi, Imigrasi kita disini lah yang hanya mengontrol wilayah kita, tak ada cabang-cabangan ditiap-tiap kecamatan. Jadi ya jelas, kita agak sedikit kewalahan," katanya.

Belum lama ini, delapan warga negara Banglades berhasil di ciduk oleh jajaran kepolisian Bengkalis. Ini semua merupakan pengawasan di Bengkalis, masih dalam kategori lemah. Sehingga WNA masih leluasa masuk ke kawasan Bengkalis tanpa pengawasan dan pengamanan yang kuat.

“Kita harapkan seperti itu, kepolisian dan semua jajaran seluruh unsur masyarakat ikut serta mengontrol dan melaporkan bilamana terdapat WNA ilegal berada dilingkunangan kita. Kita khawatir, jika masyarakat membiarkan hal semacam ini, budaya dan sosial kemasyarakatan kita bisa-bisa terganggu dengan masuknya WNA tanpa izin seperti itu,” jelas Budi mengakhiri. (Pog/Gus)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 3 Napi Kabur dari Lapas Jambi Ditangkap Di Bengkalis, 1 Dihadiahi Timah Panas Polisi

    BENGKALIS - Tiga dari empat nara pidana (napi) kasus narkotika yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sungai Penuh Jambi, akhirnya ditangka

  • Kasus Perceraian Kalangan PNS Meningkat di Bengkalis

    BENGKALIS - Angka perceraian dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bengkalis relatif meningkat dibanding tahun

  • Nyambi Jual Sabu, ASN Bengkalis Dicokok Polisi

    BENGKALIS - Lagi, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Riau yang nyambi menjual narkotika jenis sabu ditangkap P

  • Polisi Tangkap 2 Pengedar Sabu Di Mandau

    MANDAU - Kepolisian Sektor Mandau berhasil mengamankan 2 pelaku pengedar narkotika jenis sabu di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis 13 Juni 2

  • KOMENTAR