KPK Diam Diam Periksa Bos Kernel Oil di Singapura

Selasa, 28 Januari 2014 03:56
BAGIKAN:
Merdeka.com
Gedung KPK
JAKARTA (POG) - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata diam-diam sudah memeriksa bos Kernel Oil Pte. Ltd., Widodo Ratanachaitong, sebagai saksi terkait kasus dugaan suap pengurusan sejumlah lelang di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Tetapi, pemeriksaan alumnus Universitas Diponegoro itu dilakukan di Singapura.

Kabar itu disampaikan oleh salah satu jaksa KPK Muhammad Rum, yang menangani perkara Komisaris PT Kernel Oil Indonesia, Simon Gunawan Tanjaya, sebagai perwakilan Kernel Oil Pte. Ltd. Berbasis di Singapura. Tetapi, Jaksa Rum enggan menjelaskan kapan tepatnya Widodo diperiksa.

"Dia (Widodo) diperiksa di sana karena dia merupakan warga negara Singapura sejak 2012," kata Jaksa Rum kepada awak media saat ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/1).

Jaksa Rum menjelaskan, pemeriksaan Widodo dilakukan di Singapura karena terganjal aturan hukum. Indonesia dan Singapura belum memiliki perjanjian ekstradisi buat memboyong pihak berperkara di negara masing-masing buat diperiksa di tempat terjadinya peristiwa pidana. Dia juga bungkam ketika ditanya apakah Widodo bisa dijerat menyuap mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini.

Dalam amar tuntutan Simon beberapa waktu lalu, tim jaksa penuntut umum KPK menyimpulkan Widodo adalah aktor intelektual tindak pidana penyuapan kepada Rudi. Pernyataan itu menimbulkan polemik dan pertanyaan majelis hakim dipimpin Tati Hadianti, lantaran Widodo saat itu belum sekalipun diperiksa, apalagi dihadirkan dalam persidangan.

Sumber: Merdeka

BAGIKAN:
KOMENTAR