• Home
  • Hukum & Kriminal
  • Operasi Yustisi Dimulai, Pelanggar Protokol Kesehatan di Rohil Akan Diberi Sanksi

Operasi Yustisi Dimulai, Pelanggar Protokol Kesehatan di Rohil Akan Diberi Sanksi

Senin, 14 September 2020 19:55
BAGIKAN:
Abdul Arif Rusni
Kabag Ops Polres Rohil Antoni L Gaol didampingi Kasatpol PP Suryadi memberikan arahan kepada warga yang melanggar protokol kesehatan, Senin (14/9).

ROHIL - Operasi yustisi serentak di Provinsi Riau dalam rangka penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) resmi digelar, Senin (14/9/2020).

Operasi yustisi penegakan hukum penanganan Covid-19 di Rohil dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil H Suyatno. 

Meskipun Rohil masih tergolong zona hijau Covid-19, namun penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan tetap diberlakukan. 

"Kita akan melakukan penegakan secara hukum bagi pelanggar protokol kesehatan termasuk para pelaku usaha yang tidak patuh terhadap pakai masker, jaga jarak dan lain sebagainya," kata Suyatno. 

Sementara itu, Kabag Ops Polres Rohil, Antoni L Gaol SH MH dalam keterangannya, Senin (14/9) mengatakan penegakan hukum atau penegakan disiplin protokol kesehatan yang dilakukan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 di Rohil. 

"Operasi yustisi yang kita lakukan hari ini dalam rangka menegakan Peraturan Gubernur nomor 55 tahun 2020 dan Peraturan Bupati nomor 52 tahun 2020 dari penjabaran Inpres nomor 6 tahun 2020 terkait percepatan penanganan Covid-19 dan penegakan hukum," paparnya. 

Bagi yang melanggar, jelas dia, akan diberi pembinaan, peringatan, teguran serta sanksi sosial berupa mengucap pancasila, menyanyi, bersih-bersih dan lain sebagainya. Kemudian pelanggar akan diberikan masker bagi yang tidak punya. 

Selanjutnya, tim Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Rohil yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah juga akan melakukan pemeriksaan atau super visi di perkantoran, instansi jawatan, perusahaan maupun pasar yang disinyalir menjadi klaster.

"Disana akan kami lakukan operasi seperti pencatatan, memberikan himbauan dan peringatan," ucap Kabag Ops. 

Operasi yustisi ini juga serentak dilakukan dimasing-masing kecamatan di Rohil yang dilaksanakan oleh Kapolsek, Danramil dan Camat. 

"Operasi ini akan rutin kita laksanakan sampai masyarakat betul-betul taat dan patuh serta kita berharap Covid-19 ini segera berakhir," ungkap Karendal Ops Polres Rohil ini. 

Dihari pertama operasi yustisi, masih banyak ditemukan warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Tercatat sekitar 30 warga tidak menggunakan masker. 

"Mari masyarakat taati protokol kesehatan dan selalu mejaga kesehatan tubuh masing-masing. Ingat semboyan maskerku menyelamatkanmu dan maskermu menyelamatkanku. Masker ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," himbau Antoni. Rif

BAGIKAN:
KOMENTAR