Polda Riau Tetapkan 64 Tersangka Karhutla,

Penanggung Jawab PT NSP Jadi Tersangka

Senin, 17 Maret 2014 09:56
BAGIKAN:
riauterkini,
PEKANBARU, POG - Polda Riau terus menangkap pelaku pembakar hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Hingga kini, 64 orang tersangka sudah ditetapkan menjadi tersangka. Satu di antaranya, seorang petinggi PT National Sago Prima (NSP). 

"Dari satgas hukum kami juga sudah melakukan penegakan hukum dan memburu pelaku-pelaku. Saat ini ada 64 tersangka. Satu di antaranya penanggung jawab PT NSP. Instruksi dari Bapak Kapolri, agar penegakan hukum dilakukan," ujar Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, Ahad (16/3/14). 

Dijelaskan Condro, penangkapan dilakukan setelah tim pemburu menyisir lokasi kebakaran hutan dan lahan di Rohil. Alhasil, ditemukan 18 orang yang tengah membakar lahannya. 

"Lokasi penangkapan berbeda-beda. Soalnya, tim membagi diri dan menyisir beberapa lokasi. Para tersangka sudah diamankan di Polres untuk penyidikan lebih lanjut," kata Condro. 

Selain 64 tersangka, tim pemburu sudah menetapkan 5 pembakar hutan dan lahan ke daftar pencarian orang (DPO) atau buronan. "Ada 40 laporan, 7 lidik, dan beberapa orang sudah diserahkan ke kejaksaan untuk disidang," ujar Condro. 

Selain itu, kata Condro, polisi juga melakukan koordinasi dengan Kejaksaan untuk penindakan ke persidangan. "Untuk penindakan penuntutan ke pengadilan, merupakan ranah dari pihak Kejaksaan," terang Condro dilansir riauterkini. (pog)
BAGIKAN:

BACA JUGA