Pengadilan Larang Dokter Tulis Resep yang Susah Dibaca

Rabu, 11 Januari 2017 11:58
BAGIKAN:
ilustrasi

JAKARTA – Anda tentu pernah mendengar celetukan 'kaya tulisan dokter' untuk merujuk tulisan tangan yang jelek dan sulit dibaca.

Faktanya, tulisan dokter yang super jelek memang benar adanya. Bahkan terjadi di seluruh dunia. Tulisan dokter yang susah dibaca khususnya saat menuliskan resep dokter kerap dikeluhkan pasien maupun apoteker yang kesulitan membacanya. Kondisi ini bisa berbahaya jika apoteker salah dalam meracik obat yang dimaksud.

Namun sekarang sebuah pengadilan di Bangladesh melarang gaya menulis semacam itu. Tujuannya, pasien dan apoteker bisa membaca resep lebih jelas dan tidak mengambil obat yang salah.

"Para dokter sekarang harus mengetik resep mereka atau menulisnya dengan huruf kapital lebih tebal," kata Wakil Jaksa Agung Mokhlesur Rahman kepada AFP setelah pengadilan mengeluarkan putusannya, Senin (9/1/2017).

"Pengadilan memerintahkan Menteri Kesehatan mengedarkan putusan tersebut ke seluruh dokter negara. Kementerian juga diminta melaporkan perkembangan situasi itu dalam waktu enam pekan," katanya.

Pengadilan juga mengatakan bahwa para dokter harus menggunakan nama generik obat, bukan merek obat tertentu.

"Banyak pasien dan bahkan beberapa apoteker tidak bisa membaca apa yang para dokter tulis di resep mereka," kata pengacara Manzil Morshed, yang mengajukan gugatan untuk kepentingan umum itu.

"Oleh karena itu, mereka sering mengambil obat yang salah. Itu membuat mereka mengeluarkan uang lebih banyak untuk hal sia-sia dan kadang bisa membahayakan kesehatan."

Putusan pengadilan itu mendapat pujian di media sosial, meski beberapa dokter meminta pemerintah untuk sedikit melakukan tugasnya dengan memperkenalkan sistem komputerisasi peresepan.

"Kenapa menyalahkan kami ketika Anda tidak bisa menerapkan sistem peresepan komputerisasi?" tulis Farhan Kabir di Facebook.(tic)

Sumber: Antara

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Eks Kades di Bengkalis Ganjar 4 Tahun Penjara

    BENGKALIS -Suwadi, mantan Kepala Desa (Kades) Semunai, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis diganjar 4 (empat) tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA) RI. Putusan ini menguatkan t
  • KPK Minta Polda Riau Amankan Asset Sitaan

    PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita aset bernilai Rp 400 miliar yang diduga milik terpidana korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games dan Kompleks Hambalang. Ase
  • Pekerja di Bengkalis Tewas Terjebak Excavator

    BENGKALIS -Naas dialami Mangiring Butarbutar (21), beridentitas warga Haporusan Kelurahan Gunung Meriah, Kecamatan Dolak Pangaribuan, Kabupaten Simalunggun, Sumatera Utara, tewas a
  • Delapan Kali Sodomi ABG, Daud Diringkus Polsek Bengkalis

    BENGKALIS -Entah apa yang terlintas dipikiran MD alias Daud alias Azan warga Jalan Jenderal Sudirman, Gang Sepakat Rt 001 Rw 003, Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis ini.

  • KOMENTAR