Polda Riau Bentuk Tim Cyber Antisipasi Ujaran Kebencian dan Hoax

Selasa, 16 Januari 2018 09:12
BAGIKAN:
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo

PEKANBARU - Untuk mengantisipasi adanya penyebaran ujaran kebencian dan isu-isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Inhil 2018, Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah membentuk tim khusus cyber.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, mengatakan tim khusus bentukan Polda Riau dan jajaran tersebut memiliki tugas khusus yakni memantau arus informasi selama pelaksanaan pesta demokrasi.

"Polda Riau telah menyiapkan tim khusus untuk mengawasi arus informasi di dunia maya," ujarnya pada Senin (15/1/2018) siang.

Menurutnya, jika ditemukan suatu konten ataupun postingan yang mengandung ujaran kebencian terhadap pasangan calon, tim sukses pasangan calon maupun partai politik maka aparat penegak hukum itu tak segan-segan akan menindaknya.

"Apabila kita temukan, kita jerat pelakunya ke UU ITE. Dalam UU tersebut dijelaskan transaksi yang dapat merugikan akibat ujaran kebencian, hoax atau provokasi," tegasnya.

Lebih lanjut Guntur mengungkapkan, hingga saat ini timsus belum menemukan adanya pelanggaran pada informasi tersebut.

Selain membentuk tim cyber, Polda Riau juga telah memetakan sejumlah daerah yang rawan konflik saat Pilkada seperti daerah yang berpotensi terjadi politik uang, tindak pidana, kecurangan, bentrok antar pendukung bahkan pengrusakan atribut kampanye.

"Intinya sekarang kita harus terus sosialisasi, edukasi, bahwa ada Panwaslu, Polisi, dan Gakkumdu. Setiap masalah bisa diselesaikan menurut jalurnya," tuturnya.

Salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan tersebut, maka Polda Riau bersama pihak terkait dan para pasangan calon dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Pilkada damai.

Polda Riau telah mengerahkan sebanyak 9.000 personel guna mengamankan proses awal hingga akhir Pilkada serentak nantinya.[jmn]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • KPK Benarkan Penangkapan Bupati Button Selatan Karena Proyek

    JAKARTA - Tim Satgas KPK masih memeriksa Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat dan 9 orang lainnya di Mapolres Baubau. Pemeriksaan dilakukan setelah tim S

  • Polisi Kejar Pria yang Hina Jokowi di Instagram

    JAKARTA - Sebuah video berdurasi 19 detik mendadak viral di dunia maya, Instagram. Di mana video tersebut memperlihatkan seorang pria dengan bertelanjang dad

  • Anggota DPRD Ini 'Bonyok' Dikeroyok Gara-gara Meme Amien Rais-Rizieq

    KARAWANG - Anggota DPRD Karawang Hitler Nababan dikeroyok massa. Wajah Hitler babak belur. Pemicu pengeroyokan kader Partai Demokrat tersebut diduga dipicu m

  • Warga di Rohul Ditangkap Polisi Karena Miliki Senpi Ilegal

    ROHUL - Polres Rokan Hulu berhasil membekuk kepemilikan senjat api ilegal, tersangkanya adalah MAR(48) warga Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir, dan SA(32) w

  • KOMENTAR