Polda Riau Masih Telusuri Pemilik Lahan yang Terbakar di Wilayah Riau

Senin, 23 Juli 2018 17:24
BAGIKAN:

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, tengah menyusuri pemilik lahan yang terbakar diwilayah Riau. Jika terdapat unsur kesengajaan membakar tersebut dan dapat dibuktikan akan dilakukan tindakan tegas.

"Kita akan menyelidiki pemilik lahan yang terbakar," ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Nandang kepada media, Senin (23/7/2018) siang.

Kapolda menjelaskan, saat ini proses penyelidikan terhadap pemilik lahan yang terbakar masih berjalan, upaya yang dapat dilakukan yaitu pemadaman dan pendinginan terlebih dahulu. Lalu diselusuri sapa orang pemilik lahan.

"Begitu adanya unsur kesengajaan dapat kita buktikan dulu, baru dilakukan penyelidikan terhadap sapa pemilik lahan ini," sebut Kapolda.

BACA JUGA: 9500 Butir Ektasi Ditemukan Tim Opsnal Polsek Mandau saat Melakukan Patroli

Hasil penyelidikan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla), telah masuk rahan hukum Polda Riau. Sedikitnya ada 8 kasus, sepanjang tahun 2018 ini lahan yang terbakar seluas 200 ribu lebih hektare.

"Empat yang masih dalam penyidikan dan sisanya sudah ada P21 atau tahap II yang diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum Kejati Riau," sambung Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto.

Ia menjeskan, empat kasus yang masih tahap penyidikan ini, ditangani kasusnya oleh masing-masing Polres di Inhil, Rohil, Bengkalis dan terakhir Rohul.

"Untuk empat kasus yang tahap II atau P21 diantaranya di Dumai ada dua berkas, Kampar dan Pelalawan masing-masing ada satu kasus," tambah Sunarto.

BACA JUGA: Kapolda Riau Hadiri Kegiatan Kunjungan KSAU Marsekal TNI di Rohul

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto juga menambahkan, untuk tersangka yang telah ditetapkan oleh Polda Riau, menjerat 6 orang tersangkanya yang disidangkan.

"Semuanya tersangka perorangan. Tidak ada yang koorporasi," tegas Sunarto.

Untuk diketahui, sejak Januari hingga saat ini, sudah ada 2.203 hektare hutan dan lahan yang terbakar. Untuk luas yang terbesar terbakar di Riau diduduki oleh wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti 928,31 hektare.

Perbandingan kasus kejahatan Karhutla tahun lalu dan sekarang lebih jauh terjadinya penurunan.  Januari hingga Desember 2017, Polda Riau dan jajaran tangani 21 kasus.[tnr]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • MUI Bengkalis Ucapkan Selamat Kepada Jokowi - Ma'ruf Amin Sebagai Pemenang Pemilu 2019

    BENGKALIS - Mejalis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Bengkalis memberikan ucapan selamat kepada Jokowi-Amin Maaruf sebagai pemenang Pemilihan Presiden Tahun 2019

  • Tokoh Masyarakat Mandau Berharap Bulan Ramadan Jadikan Penyejuk Ketegangan Pasca Pemilu 2019

    BENGKALIS - Tokoh Masyarakat Mandau, Kabupaten Bengkalis Erwin berharap, bulan suci Ramadhan tahun ini dapat menjadi momentum untuk mendinginkan ketegangan p

  • Pleno Kecamatan Mandau, PKS Kuasai 4 Kursi

    BENGKALIS - Sempat dua kali terjadi penundaan, akhirnya rapat pleno lanjutan Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019

  • KPK Tetapkan Bupati Bengkalis Tersangka, Begini Reaksi Para Kolega Amril Mukminin

    BENGKALIS - Setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin tersangka kasus suap proyek jalan Duri-Sei Pakning, Kamis

  • KOMENTAR