Sebelum Dipulangkan

Polres Dumai Periksa 7 Wisatawan Asal Banglades

Selasa, 21 Januari 2014 16:25
BAGIKAN:
DUMAI (POG) - Tujuh warga asing asal Bangladesh, terpaksa mengurungkan niatnya untuk mengunjungi beberapa objek wisata di berbagai daerah di Indonesia. Ketujuh warga asing tersebut tertahan di Mapolres Dumai, karena mengalami kecelakaan mobil, yang mengakibatkan seorang rekannya tewas dalam kecelakaan tersebut. 

Mobil sewa yang ditumpangi rombongan wisatawan asing, mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Dumai-Sungai Pakning, selinsing, perbatasan Dumai-Bengkalis, Sabtu, 18 Januari sekitar pukul 08:45 WIB. Kecelakaan itu mengakibatkan salah seorang wisatawan, Hosait Amir, (51) meninggal di tempat kejadian, karena mengalami luka cukup parah. 

Sementara, tujuh rekan korban yang selamat dalam peristiwa kecelakaan itu, digiring ke Satuan Intel Polres Dumai untuk dimintai keterangan seputar peristiwa naas itu. 

Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan ketika dikonfirmasi usai menjenguk ketujuh warga asing asal Bangladesh yang selamat dalam kecelakaan itu mengatakan, rencananya korban Hosait Amir bersama tujuh rekannya akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Bengkalis. Namun, mobil sewa yang ditumpangi terguling dan korban Hosait Amir meninggal dunia. 

"Korban meninggal dunia bernama Hosait Amir, warga negara Banglades, dengan nomor paspor AA3351082. Terkait korban Polres Dumai akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi, untuk selanjutnya melakukan kontak dengan Komjen negara Bangladesh, untuk pengurusan korban," ujar Kapolres AKBP Yudi Kurniawan, Selasa (21/1/14). 

Sebelumnya, rombongan wisatawan asing berjumlah 8 orang berasal dari Bangladesh, tiba di Indonesia dengan tujuan awal Kota Palembang. Dari Palembang, rombongan ini bergerak ke sejumlah daerah di Indonesia, seperti Pekanbaru dan Dumai. Namun naas, mobil sewa yang ditumpangi mengalami kecelakaan dalam perjalanan menuju Kabupaten Bengkalis. 

Imigrasi Segera Pulangkan Jenazah WNA Banglades 

Dalam waktu dekat, kantor Imigrasi Dumai akan memulangkan jenazah wisatawan asing asal Bangladesh, korban meninggal akibat laka tunggal di Jalan Dumai-Sei Pakning, Selinsing, perbatasan Dumai-Bengkalis. Sementara, tujuh rekan korban yang selamat dalam kecelakaan maut itu, juga segera dideportasi kenegaranya oleh Imigrasi Dumai, karena dinilai tidak mempunyai tujuan yang jelas. 

Pemulangan jenazah Hosait Amir (51) asal Bangladesh, korban laka tunggal secepatnya akan dilaksanakan pihak Imigrasi Dumai. Pihak Imigrasi sudah berkoordinasi dengan pihak perwakilan negara Bangladesh, yang diserahkan tanggung jawab oleh keluarga korban, untuk membawa pulang jenazah Hosait Amir ke Dhaka, Bangladesh. 

Kepala kantor Imigrasi Dumai, Budiman mengatakan, secepatnya jenazah wisatawan asal Bangladesh korban meninggal akibat kecelakaan dipulangkan kenegaranya, dimana saat ini kepulangan jenazah korban sudah diurus pihak yang diserahkan keluarga korban untuk mengatur kepulangan jenazah. 

Sementara, tujuh rekan korban juga akan segera dideportasi kenegaranya, sebab hasil penyidikan pihak Imigrasi Dumai, ketujuh warga asing tersebut tidak mempunyai tujuan wisata yang jelas. 

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tujuh warga asing yang selamat dalam kecelakaan itu, segera dideportasi kenegaranya melalui Pekanbaru, Singapura dan Dhaka-Bangladesh. Saat ini mereka diamankan di Imigrasi, menunggu proses pemeriksaan oleh penyidik polisi Polres Dumai," pungkas Budiman.
BAGIKAN:
KOMENTAR