Polres Meranti Siapkan 224 Personil Amankan Pemilu 2014

Kamis, 13 Maret 2014 09:06
BAGIKAN:
Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH.
MERANTI, POG - Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2014, Polres Kepulauan Meranti akan mengerahkan 224 personel yang akan di tempatkan pada kawasan yang dianggap potensi kerawanan. 

Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH kepada media ini mengatakan, persiapan menghadapi Pemilu Legislatif sudah tertuang dalam operasi Mantap Brata 2014. 

"Operasi terpusat dilaksanakan secara berjenjang di Polda maupun disetiap Polres diwilayah Kabupaten. Untuk Polres Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri, kita akan kerahkan 224 personil," katanya, Rabu (12/3/14).

Menurutnya, dua pertiga personil tersebut merupakan kekuatan dari Polres Meranti. Disamping itu, pengamanan tersebut dibantu oleh 1 Pleton Brimob Polda Riau, yang berasal dari satuan personil Polda Riau. 

"Dengan kondisi bentangan alam wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, jelas sangat membutuhkan pengamanan yang serius. Tidak hanya dari sisi gangguan keamanan ketertiban masyarakat, tapi juga semua potensi yang bisa menghambat jalannya pemilu legislative," katanya. 

Untuk itu, lanjut dia, Polres Kepulauan Meranti tidak ingin mengambil resiko dengan memberikan celah terjadinya kerawanan gangguan tersebut. 
Kekuatan personil Polres Meranti, kata dia, tidak hanya dikonsentrasikan di Kota Selatpanjang, tapi menyebar diseluruh lokasi TPS. 

"Dengan demikian, jelas kekuatan personil Polres Meranti tidak cukup untuk mengcover seluruh wilayah. Pengamanan tersebut akan kita laksanakan bersama unsur pimpinan kecamatan dan pimpinan daerah untuk menerjunkan pengamanan terhadap 494 TPS," urainya.

Dikatakan Kapolres lagi, dengan dibackup personil dari satuan Brimob Polda Riau, pihaknya mengharapkan akan semakin memaksimalkan upaya pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2014 ini.

"Kita akan melakukan pola pengamanan, dimana pola-pola pengamanan itu terdiri dari pola aman, pola waran 1, pola rawan 2 dan rawan khusus. Untuk pola aman itu artinya akan bertugas 2 anggota polri mengamankan 6 TPS dan dibantu oleh dua petugas KPPS," katanya.

Sedangkan dalam pengamanan ini sedikit berbeda dengan pengamanan sebelumnya, dimana polisi dibantu oleh Linmas, namun untuk pileg kali ini Linmas sudah ditiadakan untuk melakukan bantuan pengamanan. 

"Situasi yang kondusif ini akan memberikan rasa aman kepada penyelenggara, peserta pemilu serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nuraninya. Ini juga bertujuan agar pesta demokrasi pemilu 2014 dapat  berlangsung aman, jujur, adil," pungkasnya. (ima)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • PMI Berikan Penghargaan 27 Pendonor Darah di Rohil

  • Tahun Ajaran Baru, Siswa di Meranti Tetap Belajar di Rumah

    MERANTI - Tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang. Namun di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, proses belajar di Kabupaten Kepulauan Meranti, Ria
  • Asisten III Setdakab Meranti Hadiri Acara Peringatan Hari Jadi Rangsang Pesisir Ke-8

    MERANTI - Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, H. Rosdaner S.Pd, menghadiri acara peringatan Hari Jadi Rangsang Pesisir Ke-8, di Halaman Kantor Camat Rangsang Pesisir di
  • Personel Koramil 01/Bengkalis Terus Sosialisikan Protap Kesehatan Kepada Masyarakata di Pantai Selat Baru.

    BENGKALIS - Imbauan kepada masyarakat tentang aturan penerapan Pendisiplinan protokol kesehatan terus diberikan oleh Koramil 01/Bengkalis, Minggu 12 Juli 2020 di Pantai Ind
  • KOMENTAR