Situs Sejarah di Istana Siak Dibakar OTK

Selasa, 09 Januari 2018 00:04
BAGIKAN:
Patung dan Kain Tirai dalam Istana Siak dibakar OTK

SIAK - Situs sejarah Istana Siak Sri Indrapura jadi sasaran orang tak bertanggung jawab, dengan cara dibakar, Senin, 8 Januari 2018. Akibatnya, sejumlah benda-beda tampak melepuh, termasuk patung berpakaian khas Melayu yang berada di dalam Istana Siak.

Selain patung, kain yang menempel di pintu juga ikut terbakar. Beruntung api tidak menjalar dan menghanguskan seluruh isi bangunan yang memuat sejarah Melayu di Siak Sri Indrapura tersebut.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Polisi menduga ada sekelompok orang yang berusaha membakar isi dalam istana tersebut.

"Informasinya ada orang yang mau membakar isi dalam istana itu. Kemudian pegawai yang mengetahui ada api, langsung masuk ke istana dan melakukan pemadaman,” ujar Kapolres Siak AKBP Barliansyah kepada wartawan.

Namun sayang, pelaku yang melakukan pembakaran itu sudah tidak berada di lokasi. Polisi pun langsung dihubungi dan datang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara. ‎Sejumlah barang bukti dan petunjuk dibawa petugas, rekaman CCTv juga tengah dipelajari.

Sementara itu, menurut petugas istana, pelaku pembakaran ini keluar dari pintu samping. Saat kejadian, petugas sedang berjaga-jaga di depan, karena di dalam istana masih ada tamu.

"Tahu tahu, kami melihat api menyala dari patung istana siak dan kami langsung memadamnya. Kami melihat pelaku lari mengunakan baju petak petak bercelana hitam. Kami tidak sempat mengejarnya, karena kami fokus memadamkan api. Takut api menjalar kemana mana," kata seorang petugas jaga.

Melihat kejadian itu, ratusan warga yang berada di sekitar Istana Siak berdatangan. Meski hanya bisa melihat dari balik kaca dan pintu istana, warga tetap berkerumun.

Terdengar, mereka mengutuk terhadap pelaku pembakaran patung di istana kebanggan Siak itu.

"Siapa yang beranai membakar Istana Siak ini? Kalau dapat, kami pijak pijak," terdengar suara masyarakat emosi.

"Kami warga Siak, minta masalah ini diusut tuntas oleh pihak berwajib. Tangkap pelakunya secepatnya," kata warga lainnya.

Hujatan juga datang di lini massa jejaring sosial Facebook. Seperti diunggah Wan Saiful, "Ada Apa sebenarnya ini..Ya Allah...Istana milik kita coba di sabotase, dengan cara membakar bagian dalam istana, Pelaku menyiramkan bensin." [poc]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Beredar Kabar! KPK Panggil Oknum DPRD Bengkalis Terkait Kasus Ini..

    BENGKALIS - Beredar kabar, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memanggil salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis

  • Libur Lebaran - Waspadai Kampanye Hitam Menjelang 11 Hari Pilkada Serentak 2018

    BENGKALISONE - 11 Hari lagi atau pada 27 Juni 2018 nanti, pilkada serentak akan dilaksanakan di 171 daerah. Inilah Pilkada serentak terbesar dalam sejarah In

  • Intip Kunjungan Bupati Amril saat Menghadiri Open House di Kediaman Plt Gubri

    PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri open house hari kedua lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 dikediaman Plt Gubernur Riau, Sabtu (16/06/

  • Warga Ketam Putih Digegerkan dengan Sesosok Mayat

    BENGKALIS - Penemuan sesosok mayat laki laki menggemparkan warga Desa Ketamputih, Sabtu (16/06/2018) sekitar pukul 14.00 WIB di pelabuhan nelayan RT 2 RW 1 D

  • KOMENTAR