Permen Bohlam yang Viral Ini Ternyata Sangat Berbahaya!

Kamis, 04 Januari 2018 01:54
BAGIKAN:
ilustrasi permen bohlam

BENGKALISONE - Sebuah permen berbentuk bohlam dengan diameter 6 cm, tengah digandrungi oleh masyarakat Cina.

Dilansir dari laman SUARA.COM pada kamis 4 Januari 2018, tren ini dimulai sejak sinetron bertajuk Emergency Medicine Specialist, yang menampilkan satu episode di mana seorang lelaki harus dirawat dengan kondisi bohlam berada di dalam mulut.

Diceritakan dalam skenario, lelaki tersebut penasaran dengan rasa bohlam dan mencoba memakannya.

Dari situ kemudian muncul ide membuat hadiah unik berupa permen berbentuk bola lampu dan dijual secara online. Tak disangka, permen bohlam menjadi populer dan banyak dipesan olah kalangan muda-mudi Cina.

Salah seorang pedagang permen bohlam yang menjajakan produknya lewat marketplace, Taobao mengatakan telah menerima 1.026 pesanan dalam sebulan. Permen tersebut memiliki berat 200 gram yang dijual 39 Yuan atau lebih dari Rp80 ribu.

Meski populer, bukan berarti permen bohlam tidak menimbulkan kontroversi. Seorang selebriti dunia maya asal Cina, Xu Fanchi bahkan mengunggah sebuah video dimana ia kesulitan mengeluarkan permen tersebut dari mulut. Setelah lima menit dan meleleh, permen karamel baru bisa lepas dari mulutnya.

Masalah tersendak juga jadi perhatian khusus seorang dokter dari Rumah Sakit Persahabatan Cina-Jepang di Beijing, Bi Qingyun. Menurutnya permen tersebut dapat menyebabkan lebih banyak risiko kesehatan dari yang dibayangkan.

"Jika permen tetap berada di dalam mulut lebih dari satu jam, sendi rahang bawah bisa terkilir. Lidah juga bisa membengkak, karena tekanan jangka panjang. Itu bisa menyebabkan tersedak dan berakibat fatal," kata Bi seperti kutip dari AsiaOne.

Bi menyarankan agar masyarakat tidak memasukkan permen sekaligus ke dalam mulut. "Jangan mengambil risiko karena rasa ingin tahu," tutupnya.

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Temuan Bayi Gegerkan Warga Siak Kecil

    SIAK KECIL - Senin, 15 Oktober 2018 malam kemarin sekitar pukul 19.30 WIB, warga di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan temuan bayi p

  • Gara-gara Dukung Jokowi, Firdaus Dilaporkan ke SBY

    PEKANBARU - Salah seorang pengurus DPP Demokrat Noviwaldy Jusman menyatakan dirinya sudah melaporkan sikap Firdaus kepada Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang

  • Ratna Sarumpaet Minta Maaf, Polri Tetap Lanjutkan Penyelidikan Kasus Hoaks

    JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menyatakan, pengakuan Ratna Sarumpaet yang berbohong soal penganiayaan terhadapnya tidak

  • Sudah P21, Kasus Anak Nekan Ektasi di Sungai Pakning Dilimpahkan Ke Kejari Bengkalis

    BENGKALIS - Penyidik Polsek Bukit Batu limpahkan berkas tahap II atau P21 ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bengkalis dalam perkara tindak pidana

  • KOMENTAR