Transaksi Uang Ilegal, Biksu di Kuil-Kuil Thailand Ditangkap

Kamis, 24 Mei 2018 23:31
BAGIKAN:
Penangkapan biksu di Thailand (Foto: Dok. Reuters)

THAILAND - Kepolisian Thailand menggerebek beberapa kuil Buddha di Bangkok, Thailand. Beberapa biksu dan jemaah ditangkap atas dugaan skandal transaksi uang ilegal oleh kuil-kuil.

Dilansir dari Reuters, Kamis (24/5/2018), penggerebekan dilakukan pada Kamis hari ini. Pengungkapan kasus dalam rangka mereformasi Buddha yang ada di Thailand.

Lebih dari 90 persen penduduk Thailand atau sekitar 69 juta orang merupakan pengikut Buddha. Hanya saja baru-baru kesuciannya dinodai oleh dugaan skandal seks dan uang yang melibatkan para biarawan.

"Ini tahap investigasi ... semuanya akan mengarah ke fakta dan bukti," kata pejabat Biro Investigasi Pusat Thitiraj Nhongharnpitak.

Lebih dari 100 aparat penegak hukum menggerebek 4 kuil di Bangkok dan provinsi yang berdekatan dengan Nakhon Pathom.

Di antara yang ditangkap adalah Phra Buddha Issara (62) sebuah biarawan yang memimpin protes pada 2014 dan menyerukan pembersihan terhadap Buddha. Phra Phrom Dilok (72), anggota Dewan Tertinggi Sangha, yang mengatur para biksu di Thailand, juga ditangkap atas dugaan penggelapan dana kuil.

Dua biksu senior lainnya, Phra Sri Khunaporn dan Phra Wichit Thammaporn, juga ditangkap atas dugaan penggelapan. Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan mengatakan penangkapan itu akan berhasil mengungkap akar masalah.[dtc]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ramadan 1440 H, MTs Miftahul Huda Gelar Sarana Dakwah Menguji Mentalitas Siswa

    PINGGIR - Bulan Suci Ramadan 1440 H merupakan ajang silaturahmi serta safari sebagai sarana dakwah, dan menguji mentalitas bagi Siswa - Siswi Mts Miftahul Hu

  • Tokoh Muda Muhammadiyah Imbau Menjaga Kondusifitas Menjelang Idul Fitri

    DURI - Tokoh Pemuda, Patra Setiawan berharap di bulan Suci Ramadan yang penuh berkah ini dapat menjadi penyejuk ketegangan pasca-pemilu serentak 2019.

  • Pejabat di Lingkungan STAIN Bengkalis Harus Mampu Bekerja Profesional, Berintegritas dan Inovatif

    BENGKALIS - Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M. Ag menyebut pejabat di lingkungan STAIN Bengkalis harus mampu bekerja sesuai dengan peraturan

  • MUI Kabupaten Bengkalis Apresiasi TNI, Polri dan Pemerintah Terkait Pengamana 21- 22 Mei 2019 di Jakarta

    BENGKALIS - Sebelumnya, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, Amrizal S.Ag dengan tegas mengatakan tidak setuju dengan adanya rencana kegiatan People Power di Jakar

  • KOMENTAR