Transaksi Uang Ilegal, Biksu di Kuil-Kuil Thailand Ditangkap

Kamis, 24 Mei 2018 23:31
BAGIKAN:
Penangkapan biksu di Thailand (Foto: Dok. Reuters)

THAILAND - Kepolisian Thailand menggerebek beberapa kuil Buddha di Bangkok, Thailand. Beberapa biksu dan jemaah ditangkap atas dugaan skandal transaksi uang ilegal oleh kuil-kuil.

Dilansir dari Reuters, Kamis (24/5/2018), penggerebekan dilakukan pada Kamis hari ini. Pengungkapan kasus dalam rangka mereformasi Buddha yang ada di Thailand.

Lebih dari 90 persen penduduk Thailand atau sekitar 69 juta orang merupakan pengikut Buddha. Hanya saja baru-baru kesuciannya dinodai oleh dugaan skandal seks dan uang yang melibatkan para biarawan.

"Ini tahap investigasi ... semuanya akan mengarah ke fakta dan bukti," kata pejabat Biro Investigasi Pusat Thitiraj Nhongharnpitak.

Lebih dari 100 aparat penegak hukum menggerebek 4 kuil di Bangkok dan provinsi yang berdekatan dengan Nakhon Pathom.

Di antara yang ditangkap adalah Phra Buddha Issara (62) sebuah biarawan yang memimpin protes pada 2014 dan menyerukan pembersihan terhadap Buddha. Phra Phrom Dilok (72), anggota Dewan Tertinggi Sangha, yang mengatur para biksu di Thailand, juga ditangkap atas dugaan penggelapan dana kuil.

Dua biksu senior lainnya, Phra Sri Khunaporn dan Phra Wichit Thammaporn, juga ditangkap atas dugaan penggelapan. Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan mengatakan penangkapan itu akan berhasil mengungkap akar masalah.[dtc]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ulahnya Menghina Agama Islam di Fb, Gaek Di Mandau Ini Dicokok Polisi

    BENGKALIS - Laki paruh baya SP (57) tidak akan lagi bisa menghirup kebebasan dikarenakan akan menghabiskan sisa hidupnya di jeruji besi. Pasalnya, karena ula

  • Terdakwa Sabu 10 Kg Divonis Seumur Hidup, JPU Bengkalis Lakukan Kasasi

    BENGKALIS - Terdakwa Kasus Sabu 10 Kg, RF (38) divonis seumur hidup setelah melakukan banding di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru. Sedangkan rekannya Mh (38)

  • Dinamai 'Danish', Bayi Dalam Kardus Sudah Punya Orang Tua Asuh

    BENGKALIS  - Masih membekas diingatan kita,  bayi dalam kardus berjenis kelamin laki-laki diduga dibuang oleh orang tuanya, Sabtu 3 Nopember 2018 l

  • Usai Divonis Mati, 3 Pengedar 55 Kg Sabu Lakukan Banding

    BENGKALIS -  Ketiga terdakwa kasus 55 Kg sabu dan ribuan pil extasy mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis,

  • KOMENTAR