Turki Tangkap 42 Wartawan Terkait Kudeta Berdarah

Selasa, 26 Juli 2016 14:20
BAGIKAN:
ilustrasi
BENGKALISONE.COM - Pemerintah Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 42 wartAwan sebagai bagian dari penyelidikan dugaan komplotan kudeta berdarah yang gagal. Keputusan ini pun menuai kritikan keras dari kelompok hak asasi manusia.
 
Ribuan tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil telah ditahan atau ditangkap atas keterlibatan mereka dalam usaha kudeta pada 15 Juli lal. Namun begitu, surat perintah penangkapan yang pertama kali dikeluarkan malah menargetkan pers.
 
Terkait hal ini, perwakilan Turki untuk Reporters without Borders Erol Önderoğlu mengatakan, surat perintah penangkapan terbaru tidak dibenarkan. Ia menggambarkan sebagai perburuan penyihir terhadap jurnalis.
 
"Tidak mungkin untuk mengetahui apakah seorang wartawan terlibat secara serius dengan jariang Gulen atau terlibat dalam upaya kudeta dengan menggunakan metode tersebut," kata Önderoğlu dikutip dari The Guardian, Selasa (26/7/2016).
 
"Kami mengakui hak pemerintah untuk menyelidiki komplotan kudeta, tentu saja, tapi untuk menghormati hak atas kebebasan berekspresi adalah salah satu prinsip yang mendefinisikan demokrasi. Ini berubah menjadi perburuan terhadap jurnalis yang harus dihentikan," katanya lagi menanggapi lima wartawan yang dilaporkan ditahan untuk diinterogasi.
 
Pemerintah Turki terus melakukan operasi pembersihan terhadap mereka yang dianggap sebagai pendukung kudeta. Selain tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil, ratusan karyawan Turkish Airlines juga dipecat karena dicurigai terlibat kudeta.(SINDO)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dipaksa Lepas Hijab, Wanita Ini Dapat Ganti Rugi Miliaran Rupiah

    BENGKALISONE -Seorang muslimah di Amerika Serikat mendapat kompensasi senilai USD 85.000 atau Rp 1,1 miliar setelah memenangkan kasus atas tunt
  • Sedih! Main Polisi-polisian, Bocah Ini Tak Sengaja Tembak Mati Kakaknya

    BENGKALISONE -Sebuah insiden mengerikan menimpa sebuah keluarga di Kota Loganville, Georgia. Keluarga tersebut harus kehilangan salah satu anak mereka akibat tindakan mengerikan an
  • Innalillahi... Sudah 12 Jamaah Haji Wafat di Tanah Suci

    MADINAH - Kepala Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah, Edi Supriyatna, mengatakan jumlah jamaah haji asal Indonesia yang wafat di Tanah

  • Marquez Raih Kemenangan Ke-8 Beruntun pada GP Jerman

    HOHENSTEIN-ERNSTTHAL - Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menjadi juara GP Jerman setelah finis di urutan pertama pada balapan yang berlangsung di Sirk

  • KOMENTAR