Turki Tangkap 42 Wartawan Terkait Kudeta Berdarah

Selasa, 26 Juli 2016 14:20
BAGIKAN:
ilustrasi
BENGKALISONE.COM - Pemerintah Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 42 wartAwan sebagai bagian dari penyelidikan dugaan komplotan kudeta berdarah yang gagal. Keputusan ini pun menuai kritikan keras dari kelompok hak asasi manusia.
 
Ribuan tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil telah ditahan atau ditangkap atas keterlibatan mereka dalam usaha kudeta pada 15 Juli lal. Namun begitu, surat perintah penangkapan yang pertama kali dikeluarkan malah menargetkan pers.
 
Terkait hal ini, perwakilan Turki untuk Reporters without Borders Erol Önderoğlu mengatakan, surat perintah penangkapan terbaru tidak dibenarkan. Ia menggambarkan sebagai perburuan penyihir terhadap jurnalis.
 
"Tidak mungkin untuk mengetahui apakah seorang wartawan terlibat secara serius dengan jariang Gulen atau terlibat dalam upaya kudeta dengan menggunakan metode tersebut," kata Önderoğlu dikutip dari The Guardian, Selasa (26/7/2016).
 
"Kami mengakui hak pemerintah untuk menyelidiki komplotan kudeta, tentu saja, tapi untuk menghormati hak atas kebebasan berekspresi adalah salah satu prinsip yang mendefinisikan demokrasi. Ini berubah menjadi perburuan terhadap jurnalis yang harus dihentikan," katanya lagi menanggapi lima wartawan yang dilaporkan ditahan untuk diinterogasi.
 
Pemerintah Turki terus melakukan operasi pembersihan terhadap mereka yang dianggap sebagai pendukung kudeta. Selain tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil, ratusan karyawan Turkish Airlines juga dipecat karena dicurigai terlibat kudeta.(SINDO)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Melihat Nuansa Lebaran di Jepang yang Mungkin Tak Pernah Kamu Ketahui

    JEPANG - Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu oleh seluruh muslim di dunia. Di hari raya tersebut, biasanya kita mengisi waktu dengan berkumpul bersama p

  • Subhanallah, Wanita Ini Masuk Agama Islam Karena 'Iseng' Berpuasa

    INDIA - Bagi umat Islam, ibadah puasa sudah menjadi hal yang biasa karena hampir setiap tahun umat islam melakukan ibadah ini. Namun siapa sangka, berpuasa b

  • Kasihan! Pemuda AS Bebas dari Penjara Korut dalam Keadaan Koma

    PYONGYANG - Seorang pemuda asal Amerika Serikat (AS), Otto Warmbier dibebaskan dari penjara di Korea Utara (Korut) dalam keadaan koma. Pria yang berasal dari

  • Ups, Dua Pria Ini Diikat di Pohon Gara-gara Mencuri Kelapa

    MALAYSIA - Aksi pencurian selalu meresahkan warga, baik yang terjadi di tempat ramai maupun di lokasi yang cukup sepi. Namun jika sudah tertangkap, biasany
  • KOMENTAR