Turki Tangkap 42 Wartawan Terkait Kudeta Berdarah

Selasa, 26 Juli 2016 14:20
BAGIKAN:
ilustrasi
BENGKALISONE.COM - Pemerintah Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 42 wartAwan sebagai bagian dari penyelidikan dugaan komplotan kudeta berdarah yang gagal. Keputusan ini pun menuai kritikan keras dari kelompok hak asasi manusia.
 
Ribuan tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil telah ditahan atau ditangkap atas keterlibatan mereka dalam usaha kudeta pada 15 Juli lal. Namun begitu, surat perintah penangkapan yang pertama kali dikeluarkan malah menargetkan pers.
 
Terkait hal ini, perwakilan Turki untuk Reporters without Borders Erol Önderoğlu mengatakan, surat perintah penangkapan terbaru tidak dibenarkan. Ia menggambarkan sebagai perburuan penyihir terhadap jurnalis.
 
"Tidak mungkin untuk mengetahui apakah seorang wartawan terlibat secara serius dengan jariang Gulen atau terlibat dalam upaya kudeta dengan menggunakan metode tersebut," kata Önderoğlu dikutip dari The Guardian, Selasa (26/7/2016).
 
"Kami mengakui hak pemerintah untuk menyelidiki komplotan kudeta, tentu saja, tapi untuk menghormati hak atas kebebasan berekspresi adalah salah satu prinsip yang mendefinisikan demokrasi. Ini berubah menjadi perburuan terhadap jurnalis yang harus dihentikan," katanya lagi menanggapi lima wartawan yang dilaporkan ditahan untuk diinterogasi.
 
Pemerintah Turki terus melakukan operasi pembersihan terhadap mereka yang dianggap sebagai pendukung kudeta. Selain tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil, ratusan karyawan Turkish Airlines juga dipecat karena dicurigai terlibat kudeta.(SINDO)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pasca-Hilangnya Kapal Selam Ara San Juan Panglima Angkatan Laut Argentina Dipecat

    BUENOS AIRES, PESISIRONE.com - Pemerintah Argentina memecat panglima angkatan lautnya pasca-kapal selam Ara San Juan pada bulan lalu. Laksamana Marcelo Eduar

  • Subahanallah.. Hanya dengan menghafal AlQuran, Napi Mendapatkan Pengurangan Masa Tahanan

    DUBAI - Tahanan di Dubai, Uni Emirat Arab, kini memiliki harapan untuk mendapatkan keringanan hukuman penjara, Mereka bisa mendapatkan potongan masa hukuman

  • Pramuka Indonesia Raih World Messengers of Peace Hero Award

    JAKARTA - Sekretaris Jenderal World Organization of the Scout Movement (WOSM), Ahmed al-Hendawi memberikan World Messengers of Peace Hero Award kepada Pramuk

  • Akhirnya,. Nenek di Thailand Ini Mendapatkan Apa yang Diinginkan

    BANGKOK - Seorang wanita asal Thailand bernama Sompong Chomphupraphet yang beberapa hari lalu memasang iklan cari jodoh, kini sudah mendapatkan hal yang ia i

  • KOMENTAR