Turki Tangkap 42 Wartawan Terkait Kudeta Berdarah

Selasa, 26 Juli 2016 14:20
BAGIKAN:
ilustrasi
BENGKALISONE.COM - Pemerintah Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 42 wartAwan sebagai bagian dari penyelidikan dugaan komplotan kudeta berdarah yang gagal. Keputusan ini pun menuai kritikan keras dari kelompok hak asasi manusia.
 
Ribuan tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil telah ditahan atau ditangkap atas keterlibatan mereka dalam usaha kudeta pada 15 Juli lal. Namun begitu, surat perintah penangkapan yang pertama kali dikeluarkan malah menargetkan pers.
 
Terkait hal ini, perwakilan Turki untuk Reporters without Borders Erol Önderoğlu mengatakan, surat perintah penangkapan terbaru tidak dibenarkan. Ia menggambarkan sebagai perburuan penyihir terhadap jurnalis.
 
"Tidak mungkin untuk mengetahui apakah seorang wartawan terlibat secara serius dengan jariang Gulen atau terlibat dalam upaya kudeta dengan menggunakan metode tersebut," kata Önderoğlu dikutip dari The Guardian, Selasa (26/7/2016).
 
"Kami mengakui hak pemerintah untuk menyelidiki komplotan kudeta, tentu saja, tapi untuk menghormati hak atas kebebasan berekspresi adalah salah satu prinsip yang mendefinisikan demokrasi. Ini berubah menjadi perburuan terhadap jurnalis yang harus dihentikan," katanya lagi menanggapi lima wartawan yang dilaporkan ditahan untuk diinterogasi.
 
Pemerintah Turki terus melakukan operasi pembersihan terhadap mereka yang dianggap sebagai pendukung kudeta. Selain tentara, polisi, hakim, jaksa dan pegawai negeri sipil, ratusan karyawan Turkish Airlines juga dipecat karena dicurigai terlibat kudeta.(SINDO)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Mengerikan, Makhluk Mirip 'Alien' Bikin Heboh Warga

    MALAYSIA - Warga Desa Sibu, Serawak, Malaysia dibuat heboh dengan ditemukannya makhluk aneh yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal mereka. Makhluk ini
  • Pelaku Pembunuhan Kim Jong-nam Ternyata Putra Mantan Dubes Korut

    HANOI - Salah satu tersangka pembunuhan Kim Jong-nam asal Korea Utara (Korut), Ri Ji-hyon diketahui merupakan putra mantan Duta Besar (dubes) Korut untuk V
  • Bukannya Takut, Nenek 99 Tahun Malah Senang ditangkap Polisi. Ini Alasanya....

    BELANDA - Percayalah, tidak ada satu pun orang di dunia ini yang ingin masuk ke dalam penjara, apalagi dalam rentang waktu yang cukup lama. Bahkan penjahat
  • Heboh,.. Istri Pertama Pergoki Suaminya Menikah Lagi.

    INDIA - Tidak ada istri yang rela di madu, apalagi dengan alasan yang tidak jelas. Meskipun dalam Islam suami boleh beristri lebih dari satu, namun untuk poligami harus bis
  • KOMENTAR