• Home
  • Maritim
  • Menikmati Indahnya Pantai Parit Tengah Teluk Lancar Sambil “Mengutip” Kerang

Menikmati Indahnya Pantai Parit Tengah Teluk Lancar Sambil “Mengutip” Kerang

Rabu, 11 Februari 2015 12:02
BAGIKAN:
Pantai Pantai Parit Tengah Teluk Lancar
BENGKALIS -Bermain sambil berlarian di deburan ombak, sesekali memungut pasir putih dan bebatuan lalu menikmati matahari terbenam adalah hal-hal indah saat menikmati alam pantai, dimanapun itu. Tapi ada sensasi berbeda kala kita menapak dan menikmati keindahan pantai Parit Tengah Teluk Lancar Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, tak hanya keindahan pantai dengan landai yang begitu panjang dan eksotis jejeran mangrove di sepanjang tebing, tapi juga keasyikan memungut ribuan kerang yang tiba-tiba muncul di bibir pantai.

Pekik pingkau serta tawa Bela dan Poso memecah diantara decak kagum dan kesima ratusan pengunjung pantai Parit Tengah Teluk Lancar, sambil berlarian menikmati indahnya pantai dengan pasir putih dan sedikit sesai, sesekali kedua bocah ini berjongkok bahkan berbaring kegirangan memungut kerang yang bermunculan di sepanjang pantai.

Bermain sambil menikmati indahnya landai laut saat surut memang bukan hal aneh buat Poso, walau pantai yang dinikmati bocah Senggoro Bengkalis ini sebatas Selatbaru atau Rupat. Tapi pantai 'Sang Perawan' Parit Tengah Teluk Lancar menyajikan sensasi yang berbeda, tidak hanya belarian mengejar ombak dan bermain pasir pantai, Poso dan ratusan pengunjung juga diasyikkan "memungut" kerang laut yang ada di pantai. Agak aneh memang dan mungkin hanya di pantai Parit Tengah ini para pengunjung dimanjakan dengan makanan ala sea food itu. Bukan pula satu atau dua kerang laut yang bisa dipungut, satu orang pengunjung bisa membawa berkilo-kilogram biota laut bercangkang keras itu.

"Dulu pernah juga muncul kerang seperti ini, tapi waktu itu hanya bertahan 1 minggu setelah itu hilang," ujar Karman warga setempat saat ditemui sedang asyik memungut kerang.

Cerita Karman, kerang yang tiba-tiba muncul di pantai Parit Tengah itu memang fenomena menakjubkan. Kalau sebelumnya hanya bertahan 1 minggu, kerang yang muncul kali sudah bertahan satu bulan lebih.

Padahal kata Karman, ratusan pengunjung dari Kelemantan, Sekodi, Kembung Luar dan beberapa desa lainnya sudah mengambil berkilo-kilo kerang, toh kerang di pantai indah itu tetap banyak.

"Kebiasaan untuk warga sini memang untuk makan. Sekali turun ke pantai bisa memungut 5-6Kg kerang, biasanya kita bagi-bagikan dengan tetangga, setelah dua atau tiga hari baru kita turun lagi ke pantai mengutip kerang. Alhamdulillah, sudah empat minggu lebih kerang masih juga banyak," imbuh Karman sambil memperlihatkan kerang hasil
kutipannya.

Pesona pantai Parit Tengah memang sangat menjanjikan, panjangnya kandai pantai tidak hanya terlihat di kawasan Parit Tengah Teluk Lancar, akan tetapi mulai dari dusun Parit Lapis Kembung uar sampai ke Tanjung Sekodi desa Sekodi Bengkalis. bayangkan, ada belasan bahkan puluhan kilometer mata dimanjakan dengan pemanangan pantai yang indah
nan eksotis.

Cerita indah dan asyiknya bermain di pantai Parit Tengah ini kini menyebar melalui sejumlah media sosial dan dari mulut ke mulut. Sejumlah warga kota Bengkalis mengaku penasaran ingin melihat langsung keindahan pantai Teluk Lancar itu.

"Minggu kemarin kami ke sana, kapan-kapan kami akan ke sana lagi, nagih," sebut Mazlina warga Bengkalis.

Yang asyik kata Mazlina bukan hanya menikmati keindahan pantai dan asrinya sederatan mangrove yang ada bibir pantai, tapi juga keberadaan kerang yang dianggapnya fenomena langka. "Baru di Teluk ini saya temukan ada kerang begitu banyak. Puas menikmati pantai pulang bawa ole-ole kerang," tuturnya.

Saat ini pantai Teluk Lancar itu memang masih sangat alami dan belum terjamah solekan apapun. Jika akses ke pantai tersebut diperelok, jalan dibenahi dan sarana dibangun seperti tempat-tempat istirahat dan tempat air bersih untuk bersih-bersih, bukan tidak mungkin suatu saat pantai ini akan jadi primadona baru di Bengkalis.

"Masih alami seperti ini saja orang sudah ramai berkunjung, saya yakin kalau sarananya dibangun dengan baik terutam akses jalan menuju pantai, pantai Teluk Lancar akan jadi primadona baru,"sebut Mazlina.

Harapan sama disampaikan Kepala Desa Telu Lancar, Ismail (47). Diakui, sebulan terakhir pantai di kampungnya itu memang menjadi buah bibir sejumlah kalangan, jumlah pengunjung juga mulai ramai, bukan hanya warga setempat tapi juga beberapa warga desa tetangga bahkan dari Kota Bengkalis.

Menurutnya, kalau dikemas dengan baik pantai Teluk Lancar memang bisa menjadi tujuan wisata baru di Bengkalis. Untuk itu dirinya berharap, Pemkab Bengkalis melalui dinas terkait bisa memoles pantai yang masih perawan itu dengan sejumlah fasilitas pendukung.

"Mungkin jembatan yang ada saat ini bisa ditambah sekitar 30 meter lagi ke arah bibir pantai, jalan poros diperlebar dan ditingkatkan, dan dibangun gazebo-gazebo untuk tempat santai dan sejumlah fasilitas lainnya. Insyaallah, kalau pantai ini ramai dikunjungi, sedikit banyak akan berpengaruh kepada ekonomi warga kami," akunya.(Gus)
BAGIKAN:
KOMENTAR