• Home
  • Nasional
  • Dinas Kesehatan Imbau Jamaah Calon Haji Riau Waspadai Wabah Kolera

Dinas Kesehatan Imbau Jamaah Calon Haji Riau Waspadai Wabah Kolera

Selasa, 25 Juli 2017 09:55
BAGIKAN:

PEKANBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengimbau jamaah calon haji asal Riau agar mewaspadai terjangkit wabah kolera saat menunaikan ibadah di Tanah Suci, yang kini sedang melanda negara Yaman.

"Kami sudah mendapatkan surat edaran untuk mengingatkan para JCH agar waspada tidak sembarangan memgkonsumsi makanan dan minuman selama di tanah suci," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa.

Selain itu, jelas Mimi, JCH harus selalu menjaga kebersihan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ia menuturkan agar pesan ini sampai kepada JCH, pihaknya sudah mengedarkan imbauan ke seluruh kabupaten/kota di Riau agar diindahkan dan disosialisasikan.

Menurut Mimi, untuk mencegah terjadinya penularan kolera terhadap jamaah haji selama berada di Arab Saudi, diharapkan peserta asal Riau untuk dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan, selama di Arab Saudi sebagai berikut, minum air kemasan atau yang sudah dimasak, menggunakan air bersih/PAM untuk keperluan sehari-hari, seperti masak, mencuci alat makan, gosok gigi, berwudhu, dan mandi. Kemudian lanjut Mimi, mencuci tangan dengan air yang cukup dan sabun, sebelum makan, menyentuh makanan atau mengolahnya, sesudah buang air besar, dan setelah mengurus penderita diare atau orang sakit.

Makan makanan yang sudah dimasak dengan baik, menghindari yang masih mentah, mencuci atau memasak sayuran sebelum dimakan, mencuci atau mengupas buah-buahan sebelum dikonsumsi dan menyimpannya di tempat atau wadah yang tertutup.

Memasak dan mengolah makanan-minuman di dapur/ruangan yang terjaga kebersihannya, menggunakan jamban dan kamar mandi yang terjaga bersih. Tempat yang tercemar kotoran atau muntahan penderita kolera harus dibersihkan dengan air dan karbol atau cairan disinfektans/ pembasmi kuman lainnya dan segera berobat jika diare, muntah atau menderita penyakit lainnya.(okz)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Alasan ASN Dilarang Parkir Kendaraan di Halaman Kantor Gubri

    PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman punya alasan kuat mengapa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dilarang memarkirkan kend
  • Minim Anggaran, Gaji Honorer di Meranti Dipotong 20 Persen, dan..

    MERANTI -Akibat kondisi keuangan daerah yang mengalami defisit, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, mengaku terpaksa memotong gaji pegawai ho
  • Film G 30S PKI Juga Akan Diputar di Bengkalis

    BENGKALIS -Kodim 0303 Bengkalis akan menggelar nonton bareng Film G 30S PKI di Bengkalis, 30 September 2017 mendatang.

    Nonton bareng itu dipusatkan di halaman belakang
  • 25 Pasang Bujang Dara Berebut Jadi Duta Pariwisata

    PEKANBARU - Sebanyak 25 pasang Bujang Dara tengah mengikuti karantina selama 10 hari di Hotel Swiss Bell, Pekanbaru, Riau. Karantina ini guna membina duta pariwisata Riau tahun 201
  • KOMENTAR