Ditemukan 58.922 DPT Ganda Pilgub Riau

Rabu, 06 Juni 2018 04:23
BAGIKAN:

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2018 beberapa waktu lalu. Total 3.622.488 orang DPT di 12 kabupaten/kota dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 12.048.

Namun setelah diselidiki, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau menemukan adanya kejanggalan, yakni terdapat DPT ganda di sejumlah daerah. Temuan itu disampaikan anggota Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata, yang juga sebagai Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia.

"Berdasarkan pencermatan yang dilakukan oleh Panwas Kabupaten dan Kota se Riau, kami temukan dugaan kegandaan daftar pemilih pada Pilgubri 2018 sebanyak 58.922," ujar Gema, dikutip merdeka.com, Selasa (5/6).

Gema menjelaskan, dugaan kegandaan daftar pemilih tetap terbanyak, berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 22.715, kemudian kedua Rokan Hilir sebanyak 11.849, dan ketiga Rokan Hulu sebanyak 9.089 DPT," kata Gema.

Menyikapi masalah tersebut, Bawaslu Riau langsung menyurati Ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin untuk segera melakukan verifikasi dan identifikasi terhadap 58.922 dugaan kegandaan DPT tersebut.

Selain itu, Bawaslu juga meminta KPU Riau untuk melakukan penandaan serta penyaringan terhadap formulir model C-6 atau surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih sebelum diserahkan kepada calon pemilih.

"Walaupun DPT telah ditetapkan KPU, Bawaslu dan Panwas tetap bekerja melakukan pengawasan terhadap DPT, dalam bentuk pencermatan," tegas Gema.

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kapolres Bengkalis, AKBP Yusup Rahmanto Pimpin Sertijab Kapolsek Bantan

    BENGKALIS - Kapolres Bengkalis, AKBP Yusup Rahmanto, S.I.K, MH Memimpin Upacara serah terima jabatan Kapolsek Bantan Polres Bengkalis yang sebelumnya di jabat oleh AKP Yuherm

  • Wabup Pelalawan Minta Warga Untuk Menerima Hasil Pilkades 2018

    PELALAWAN - Sebanyak 43 desa di Kabupaten Pelalawan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Rabu, 17 Oktober 2018. Wakil Bupati Pelal

  • Temuan Bayi Gegerkan Warga Siak Kecil

    SIAK KECIL - Senin, 15 Oktober 2018 malam kemarin sekitar pukul 19.30 WIB, warga di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan temuan bayi p

  • Dukung Jokowi, Gerindra Akan Pecat Bupati Rohul, Sukiman

    PEKANBARU - Beredarnya tanda tangan Ketua DPC Partai Gerindra juga Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sukiman, di atas secarik kertas bertuliskan Pernyataan Du

  • KOMENTAR