• Home
  • Nasional
  • Menkominfo: Ujaran Anti-Pancasila di Internet Bisa Disasar UU ITE

Menkominfo: Ujaran Anti-Pancasila di Internet Bisa Disasar UU ITE

Kamis, 11 Mei 2017 05:35
BAGIKAN:
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
JAKARTA - Ujaran bernada anti-Pancasila yang diunggah masyarakat ke media sosial atau media lain di jaringan internet bisa disasar Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
 
Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menurut Rudi, penyasaran adalah bentuk keseriusan pemerintah membendung ideologi yang bisa mengancam kesatuan negara, tidak hanya di dunia nyata, namun juga dunia maya.
 
"Kalau anti-Pancasila, terlepas apa pun, anti-Pancasila (di Internet), itu kan ada UU ITE (untuk menyasar), itu saja," ujar Rudiantara di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Rabu, 10 Mei 2017.
 
Rudi tidak menyebut pasal di UU ITE yang bisa digunakan menjerat penyebar ujaran anti-Pancasila di internet. Namun, Rudi menegaskan UU ITE adalah instrumen pemerintah mengendalikan informasi di jaringan internet.
 
"Siapa pun tidak boleh lah anti-Pancasila," ujar Rudi.
 
Penindakan hal yang memiliki sifat anti-Pancasila ramai diperbincangkan usai pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengumumkan rencana pembubaran organisasi masyarakat (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada Senin, 8 Mei 2017.
 
HTI, yang memiliki niat menegakkan negara dengan dasar hukum syariat Islam, dinilai tidak berlandaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dalam melaksanakan kegiatan.(viva/one)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 1 Tersangka Kasus Korupsi Tugu Antikorupsi Ditahan Kejati

    PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau penahanan Rinaldi Mugni (RM), tersangka kasus korupsi proyek pembangunan Ruang Tata Hijau dan Tugu Antikorupsi di Jalan Jen

  • Kerjasama Pengelolaan Air Bersih, Jepang Observasi dan Supervisi Teknis di Bengkalis

    BENGKALIS - Sebanyak tiga orang tim ahli dari Kota Ube Jepang akan melakukan observasi dan supervisi teknis kualitas air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Bengkalis. Kegiatan
  • VIRAL! Dokter Buka Praktik untuk Wong Cilik, Tak Pakai Tarif, Cukup Bayar Seikhlasnya

    INDRAMAYU – Dokter S. Wijaya membuat gebrakan unik dan inspiratif di tengah mahalnya ongkos berobat. Sang dokter yang membuka praktik di Indramayu, Jaw

  • Bupati Bengkalis Buka Kegiatan Pembinaan Hukum Dan Koordinasi Hukum Tentang Kejahatan Korupsi

    BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bengkalis Hj Umi Kalsum secara resmi membuka kegiatan pemb

  • KOMENTAR