• Home
  • Nasional
  • Menkominfo: Ujaran Anti-Pancasila di Internet Bisa Disasar UU ITE

Menkominfo: Ujaran Anti-Pancasila di Internet Bisa Disasar UU ITE

Kamis, 11 Mei 2017 05:35
BAGIKAN:
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
JAKARTA - Ujaran bernada anti-Pancasila yang diunggah masyarakat ke media sosial atau media lain di jaringan internet bisa disasar Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
 
Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menurut Rudi, penyasaran adalah bentuk keseriusan pemerintah membendung ideologi yang bisa mengancam kesatuan negara, tidak hanya di dunia nyata, namun juga dunia maya.
 
"Kalau anti-Pancasila, terlepas apa pun, anti-Pancasila (di Internet), itu kan ada UU ITE (untuk menyasar), itu saja," ujar Rudiantara di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Rabu, 10 Mei 2017.
 
Rudi tidak menyebut pasal di UU ITE yang bisa digunakan menjerat penyebar ujaran anti-Pancasila di internet. Namun, Rudi menegaskan UU ITE adalah instrumen pemerintah mengendalikan informasi di jaringan internet.
 
"Siapa pun tidak boleh lah anti-Pancasila," ujar Rudi.
 
Penindakan hal yang memiliki sifat anti-Pancasila ramai diperbincangkan usai pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengumumkan rencana pembubaran organisasi masyarakat (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada Senin, 8 Mei 2017.
 
HTI, yang memiliki niat menegakkan negara dengan dasar hukum syariat Islam, dinilai tidak berlandaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dalam melaksanakan kegiatan.(viva/one)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • KPU Bengkalis Lakukan Coklit Perdana di Kediaman Asisten I, Umi Kalsum

    BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Sabtu (20/1/18) menggelar kegiatan Pencocokan dan Penelitian (coklit). Coklit dilakukan serentak

  • SDN 1 Bengkalis Adakan Terobosan Persiapan Hadapi USBN

    BENGKALIS – Sesuai kalender pendidikan, mulai minggu ketiga April hingga awal Mei 2018 mendatang, pelajar Sekolah Dasar (SD) kelas VI di Kabupaten Beng

  • PAN Buka Pendaftaran Bacaleg 2019, Untuk Masyarakat Bengkalis

    BENGKALIS - Dewan Pempinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Bengkalis mulai membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) diawal ta

  • Meski Faktanya Tidak Ada Manusia yang Benar-Benar Netral, Netralitas harus Digaungkan!

    BENGKALISONE - “Desember tahun lalu menpan mengeluarkan edaran larangan PNS menunjukkan dukungan politik di internet.”

    Semua sud

  • KOMENTAR