Menteri PAN RB Bidik ASN Terlibat Anggota HTI

Selasa, 25 Juli 2017 04:43
BAGIKAN:
Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, mengincar Aparatur Sipil Negara (ASN) anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pascapembubaran organisasi masyarakat itu.

"Saya sedang cari pasal yang melarang itu sekaligus undang-undangnya. Nanti kalau pasalnya, pasti mereka diberi sanksi," tutur Asman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7).

Asman mengaku telah menerima banyak informasi keterlibatan ASN di dalam HTI. Tetapi, dia berharap informasi itu disampaikan secara resmi. "Artinya, legalitasnya bisa dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengaku pemerintah berhati-hati dalam menindak ASN yang terlibat HTI. Menurutnya, harus diketahui sejauh apa keterlibatan ASN itu. "Saya sudah sampaikan imbauan kepada semua kepala daerah soal ini," kata Tjahjo di Jakarta.

ASN yang hanya beberapa kali mengikuti dakwah dan simpatisan HTI tak perlu ditindak tegas. Namun, ASN yang menjadi kader inti atau pengurus HTI harus ditindak tegas. "Kalau jadi pengurus HTI, ya silakan mundur dari ASN," katanya.

Tindakan tegas terhadap ASN kader HTI harus dilakukan, karena mereka berhubungan langsung dengan masyarakat. "ASN seharusnya menjabarkan sila-sila Pancasila dalam tugasnya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, akan memanggil seluruh rektor se-Indonesia untuk membahas dosen yang menjadi anggota HTI. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meminta ASN yang jadi anggota HTI harus mengundurkan diri.(red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 1 Tersangka Kasus Korupsi Tugu Antikorupsi Ditahan Kejati

    PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau penahanan Rinaldi Mugni (RM), tersangka kasus korupsi proyek pembangunan Ruang Tata Hijau dan Tugu Antikorupsi di Jalan Jen

  • Kerjasama Pengelolaan Air Bersih, Jepang Observasi dan Supervisi Teknis di Bengkalis

    BENGKALIS - Sebanyak tiga orang tim ahli dari Kota Ube Jepang akan melakukan observasi dan supervisi teknis kualitas air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Bengkalis. Kegiatan
  • Bupati Bengkalis Buka Kegiatan Pembinaan Hukum Dan Koordinasi Hukum Tentang Kejahatan Korupsi

    BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bengkalis Hj Umi Kalsum secara resmi membuka kegiatan pemb

  • Lagi, Rekan Kekasih Gelap Eri Jack Ditangkap

    BENGKALIS- Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis pastikan menambah satu tersangka dari terbongkarnya upaya penyelundupan narkoba jenis sabu ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lap

  • KOMENTAR