Menteri PAN RB Bidik ASN Terlibat Anggota HTI

Selasa, 25 Juli 2017 04:43
BAGIKAN:
Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, mengincar Aparatur Sipil Negara (ASN) anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pascapembubaran organisasi masyarakat itu.

"Saya sedang cari pasal yang melarang itu sekaligus undang-undangnya. Nanti kalau pasalnya, pasti mereka diberi sanksi," tutur Asman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7).

Asman mengaku telah menerima banyak informasi keterlibatan ASN di dalam HTI. Tetapi, dia berharap informasi itu disampaikan secara resmi. "Artinya, legalitasnya bisa dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengaku pemerintah berhati-hati dalam menindak ASN yang terlibat HTI. Menurutnya, harus diketahui sejauh apa keterlibatan ASN itu. "Saya sudah sampaikan imbauan kepada semua kepala daerah soal ini," kata Tjahjo di Jakarta.

ASN yang hanya beberapa kali mengikuti dakwah dan simpatisan HTI tak perlu ditindak tegas. Namun, ASN yang menjadi kader inti atau pengurus HTI harus ditindak tegas. "Kalau jadi pengurus HTI, ya silakan mundur dari ASN," katanya.

Tindakan tegas terhadap ASN kader HTI harus dilakukan, karena mereka berhubungan langsung dengan masyarakat. "ASN seharusnya menjabarkan sila-sila Pancasila dalam tugasnya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, akan memanggil seluruh rektor se-Indonesia untuk membahas dosen yang menjadi anggota HTI. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meminta ASN yang jadi anggota HTI harus mengundurkan diri.(red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Meski Faktanya Tidak Ada Manusia yang Benar-Benar Netral, Netralitas harus Digaungkan!

    BENGKALISONE - “Desember tahun lalu menpan mengeluarkan edaran larangan PNS menunjukkan dukungan politik di internet.”

    Semua sud

  • BAK Lipun: Bukan Hanya Kelalaian, Dugaan Aliran Dana Juga Harus Diungkap

    BENGKALIS - Sekretaris BAK- Lipun Wan Muhammad Sabri mengatakan penegak hukum jangan hanya memproses para oknum pegawai Lapas terkait kelalaian saja. Dugaan

  • Dini Hari, Kebakaran Terjadi dan Hanguskan SMPN 4 Pekanbaru

    PEKANBARU - Peristiwa kebakaran hebat menghanguskan sebagian gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pekanbaru pada Jumat dinihari tadi sekitar pukul

  • Wabup Muhammad Tegaskan ASN Bengkalis Penuhi Kewajiban Sesuai Tugasnya

    BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, H Muhammad, meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untu

  • KOMENTAR