Menteri PAN RB Bidik ASN Terlibat Anggota HTI

Selasa, 25 Juli 2017 04:43
BAGIKAN:
Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur, mengincar Aparatur Sipil Negara (ASN) anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pascapembubaran organisasi masyarakat itu.

"Saya sedang cari pasal yang melarang itu sekaligus undang-undangnya. Nanti kalau pasalnya, pasti mereka diberi sanksi," tutur Asman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7).

Asman mengaku telah menerima banyak informasi keterlibatan ASN di dalam HTI. Tetapi, dia berharap informasi itu disampaikan secara resmi. "Artinya, legalitasnya bisa dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengaku pemerintah berhati-hati dalam menindak ASN yang terlibat HTI. Menurutnya, harus diketahui sejauh apa keterlibatan ASN itu. "Saya sudah sampaikan imbauan kepada semua kepala daerah soal ini," kata Tjahjo di Jakarta.

ASN yang hanya beberapa kali mengikuti dakwah dan simpatisan HTI tak perlu ditindak tegas. Namun, ASN yang menjadi kader inti atau pengurus HTI harus ditindak tegas. "Kalau jadi pengurus HTI, ya silakan mundur dari ASN," katanya.

Tindakan tegas terhadap ASN kader HTI harus dilakukan, karena mereka berhubungan langsung dengan masyarakat. "ASN seharusnya menjabarkan sila-sila Pancasila dalam tugasnya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, akan memanggil seluruh rektor se-Indonesia untuk membahas dosen yang menjadi anggota HTI. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meminta ASN yang jadi anggota HTI harus mengundurkan diri.(red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tegas! CPNS di Bengkalis Jangan Coba-coba Ajukan Pindah

    BENGKALIS -Bupati Bengkalis Amril Mukminin berpesan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru menerima SK pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Pegawai T
  • Bupati Bengkalis Serahkan 219 SK CPNS Tiga Formasi

    BENGKALIS- Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyerahkan sebanyak 219 Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Senin (19/9/2017).

    Adapun formasinya adalah
  • Perubahan, Berikut Struktur Komisi di DPRD Bengkalis

    BENGKALIS -DPRD Kabupaten Bengkalis melakukan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Perubahan itu terjadi pada Komisi, Badan Anggaran, Badan Legislatsi, Badan Musyawarah dan Bada
  • Kucing Ini Setia Tunggui Makam Pemiliknya dan Tak Mau Diusir

    BENGKALISONE -Seekor kucing berbulu putih di Malaysia mendadak menjadi perbincangan hangat para warganet akibat perilaku tak lazimnya. Peristiwa unik ini terjadi di komplek pemakam
  • KOMENTAR