• Home
  • Nasional
  • Moeldoko : Riau Salah Satu Atensi Karhutla Pemerintah Pusat

Moeldoko : Riau Salah Satu Atensi Karhutla Pemerintah Pusat

Senin, 25 Februari 2019 10:06
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
Pemadaman Karhutla di Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras, Minggu (30/9/2018).

PEKANBARU -  Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyatakan Provinsi Riau merupakan salah satu atensi pemerintah pusat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhulta).


"Kita melihat dari frekuensi (terjadinya Karhutla), tadi saya dilapori ada beberapa daerah menjadi fokus kita. Diantaranya Riau," kata Moeldoko di Siak, Provinsi Riau, Jumat.

Selain Provinsi Riau, pemerintah pusat juga turut memberikan atensi bencana Karhutla yang terjadi di sejumlah provinsi seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

"Itu menjadi atensi serius kita," ujarnya.

Sepanjang 2019 ini, lebih dari 850 hektare lahan terbakar di Provinsi Riau. Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis dan hingga hari ini upaya penanggulangan masih terus dilakukan, tepatnya di Pulau Rupat, Bengkalis.

Moeldoko meminta agar upaya penanggulangan terus digesa. Pemerintah Pusat, katanya siap membantu untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya penanggulangan Karhutla.

Gubernur Riau, Syamsuar yang mendampingi Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah pusat telah membantu dua unit helikopter guna menanggulangi Karhutla yang terjadi di Riau. Kedua helikopter tersebut berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Sudah mulai operasi. Tadi pagi kita lihat di Bandara sudah terbang untuk mengatasi Karhutla," kata Syamsuar dihari pertamanya menjabat sebagai Gubernur Riau tersebut.



Artikel ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Moeldoko : Riau Salah Satu Atensi Karhutla Pemerintah Pusat

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Lahan Warga Bengkalis Kembali Terbakar

    BENGKALIS - Lahan gambut milik masyarakat di Dusun 3, bersebelahan dengan Desa Sekodi, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis terbakar, Sabtu 20 Juli 2019.

  • DPRD Bengkalis Gelar Paripurna Laporan Pansus TA 2018

    BENGKALIS - Setelah melalui berbagai tahapan, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bengkalis yang bertugas dalam melaksanakan tugas tertentu dalam jangka w

  • IMI Korwil Bengkalis Gelar Kejurda

    BENGKALIS - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Bengkalis mengelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Selama dua hari di Bengkalis sejak Sabtu hingga hari ini. Kejua

  • 3 Napi Kabur dari Lapas Jambi Ditangkap Di Bengkalis, 1 Dihadiahi Timah Panas Polisi

    BENGKALIS - Tiga dari empat nara pidana (napi) kasus narkotika yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sungai Penuh Jambi, akhirnya ditangka

  • KOMENTAR