• Home
  • Nasional
  • Muhammadiyah Tetapkan Jadwal Puasa Tahun Ini Tanggal 27 Mei

Muhammadiyah Tetapkan Jadwal Puasa Tahun Ini Tanggal 27 Mei

Kamis, 04 Mei 2017 04:43
BAGIKAN:
JAKARTA - Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa 1 Ramadan 1438 H tahun ini jatuh pada Sabtu Pahing, 27 Mei 2017. Sementara itu, Idul Fitri 1 Syawal 1438 H bertepatan pada Miggu Legi, 25 Juni 2017
 
Demikian seperti dilansir Okezone, Rabu 3 Mei 2017. Ormas bentukan KH Ahmad Dahlan itu juga memutuskan 1 Zulhijah jatuh pada Rabu Kliwon 23 Agustus 2017. Selanjutnya hari Arafah atau waktunya ibadah Umroh bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah haji jatuh pada Kamis Pon, 31 Agustus 2017.
 
Kemudian, Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada Jumat Wage, 1 September 2017. Penetapan awal puasa dan Lebaran itu sesuai hasil telaah hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Metode telaah itu merupakan cara menetapkan awal puasa dan Lebaran, termasuk Idul Adha dengan ilmu penghitungan falak atau astronomi.
 
Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta keterangan tentang awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1438 H dari Muhammadiyah itu dapat menjadi pedoman warga Muhammadiyah dalam beribadah. Ia pun berucap semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya bagi seluruh rakyat Indonesia.(okz/one)
 
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Gerindra Bengkalis Ricuh Nomor Urut Bacaleg 2019?..

    BENGKALIS - Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Bengkalis, Rindra Wardana mengaku telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif tahun 2019 me

  • Tampilkan Gambar Pelecehan Anak, Saluran YouTube Ini Diblokir

    BENGKALISONE - YouTube telah menangguhkan akun FamilyOFive milik pasangan Mike dan Heather Martin yang berasal dari Maryland, Amerika Serikat.

  • Sembuh, SBY Sudah Tak Sabar Hadapi Pemilu 2019

    JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah tak sabar memantau dinamika politik usai dirawat selama tiga hari di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

  • Lagi, Kisruh Gerindra Bengkalis Berujung Pemecatan Ketua Mohd Daniel ST

    BENGKALIS - lagi, Kisruh Internal di tubuh Partai Gerindra Bengkalis kembali terjadi dan berujung pemecatan Mohd Daniel ST dari kursi Ketua DPC Gerindra Kabu

  • KOMENTAR