PKB Kalah Telak dari PPP di Pilgub Jawa

Kamis, 28 Juni 2018 10:39
BAGIKAN:

JAKARTA - Pengamat politik Muhammad Qodari menyoroti rivalitas antara PPP dan PKB dalam Pemilihan Gubernur di Pulau Jawa karena kedua partai tersebut mempunyai kemiripan pemilih. Menurutnya, kemenangan tiga pasangan calon yang diusung PPP di Pilkada Provinsi Pulau Jawa memiliki makna khusus bagi partai berlambang Kakbah tersebut.

Direktur Eksekutif Indo Barometer itu menuturkan di Jatim yang sering didominasi PKB dan PDIP, paslon yang didukung oleh dua partai itu kalah dibanding yang diusung partai lain yang di dalamnya ada PPP pada Pilkada 2018.

Begitu juga di Jateng, PKB yang pada pemilu sebelumnya unggul dibanding PPP, pada pilkada kali ini kalah dari partai yang kini dipimpin oleh M. Romahurmuziy tersebut. Bahkan, PPP berhasil menempatkan kadernya sebagai wakil gubernur yang menang dalam hitungan cepat (quick count).

"Hal ini bisa menjadi momentum (kebangkitan) bagi PPP," kata Qodari, Rabu malam, 27 Juni 2018.

Sementara itu di Jabar, walaupun PKB ikut mengusung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, namun mereka hanya menjadi partai pengusung. Sedangkan PPP seperti Jateng juga menempatkan kadernya sebagai wakil gubernur. Karena itu dia menyebut PPP unggul atas PKB.

"Di Jawa Timur,  PKB kalah dari PPP,  di Jawa Tengah PPP juga menang dari PKB,  sementara di Jawa Barat PKB ikut menang dengan PPP," tutur Qodari.

Seperti diketahui, berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak tampil sebagai pemenang di Pilkada Jatim. Lalu Ganjar Pranowo-Taj Yasin di Jawa Tengah, dan Ridwan Kamil-Uu di Jabar. PPP termasuk partai yang mengusung calon-calon tersebut.[Viva]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Gerindra Bengkalis Ricuh Nomor Urut Bacaleg 2019?..

    BENGKALIS - Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Bengkalis, Rindra Wardana mengaku telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif tahun 2019 me

  • Tampilkan Gambar Pelecehan Anak, Saluran YouTube Ini Diblokir

    BENGKALISONE - YouTube telah menangguhkan akun FamilyOFive milik pasangan Mike dan Heather Martin yang berasal dari Maryland, Amerika Serikat.

  • Sembuh, SBY Sudah Tak Sabar Hadapi Pemilu 2019

    JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah tak sabar memantau dinamika politik usai dirawat selama tiga hari di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

  • Lagi, Kisruh Gerindra Bengkalis Berujung Pemecatan Ketua Mohd Daniel ST

    BENGKALIS - lagi, Kisruh Internal di tubuh Partai Gerindra Bengkalis kembali terjadi dan berujung pemecatan Mohd Daniel ST dari kursi Ketua DPC Gerindra Kabu

  • KOMENTAR