• Home
  • Nasional
  • Panglima TNI: Australia Pelesetkan Pancasila Jadi Pancagila

Panglima TNI: Australia Pelesetkan Pancasila Jadi Pancagila

Kamis, 05 Januari 2017 14:46
BAGIKAN:
liputan6
Panglima TNI: Australia Pelesetkan Pancasila Jadi Pancagila

‎Panglima TNI Gatot Numantyo mengirimkan surat penghentian sementara kerja sama pertahanan dengan Australia. Keputusan ini juga sudah dilaporkan ke Presiden Jokowi.

Gatot mengaku banyak hal yang dialami pasukan khusus yang dikirim Indonesia untuk mengajar prajurit Australia. Salah satunya mendiskreditkan Indonesia, termasuk ideologi Pancasila.

"Kurikulum dan pelajarannya, begitu juga siswanya‎, banyak yang didiskreditkan, tentang tentara yang dulu, Timor Leste, Papua juga harus merdeka, dan tentang Pancasila yang dipelesetkan jadi Pancagila. Dari situ maka saya tarik guru tersebut dan saya hentikan dulu," tegas Panglima di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Gatot mengaku, sebagai negara yang telah menjalankan kerja sama pertahanan, harusnya kedua negara saling menghormati, bukan justru memperlakukan seperti saat ini. Militer Australia saat ini langsung melakukan investigasi.

"Jadi sampai kapan penghentian sementara ini, ya tergantung Australia, kan mereka yang mau investigasi," tegas Gatot.

Untuk menyelesaikan ketegangan ini, Gatot mengaku tidak akan pergi ke Australia. "‎Ngapain saya ke Australia. Saya tidak akan ke sana. Yang punya masalah sana (Australia) masa kita ke sana. Jadi jangan berbuat aneh-aneh. Kita tunggu saja hasil investigasinya," Gatot menegaskan.(L6c/red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Prikila Tak Menduga, Ketua PKK Jangkang Datang Bawa Bantuan

    BANTAN - Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Jangkang, Dian Martinah, Sabtu sore 21 Oktober 2017 serahkan bantuan kepada penderita hidrosefalus, Aheng berusia 1 ta
  • Mantap! MPC PP Bengkalis Juara 3 Atas Pencapaian Ini

    BENGKALIS -Majelis Pengurus Cabang Pemuda Pancasila (MPC-PP) Kabupaten Bengkalis mengukir prestasi gemilang. Mereka memperoleh Juara 3 atas pencapaian dalam pelaksanaan Konsolidasi
  • Pemkab Abadikan Tuan Guru H. Ahmad Jadi Nama Perpustakaan Umum Kabupaten Bengkalis

    BENGKALIS -Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan mengabadikan nama Tuan Guru H. Ahmad sebagai nama Perpustakaan Umum Kabupaten Bengkalis.

    Hal itu untuk mengenang jasa Tua
  • Plafon dan Meja Belajar SD 56 Bengkalis Rusak

    BENGKALIS - Sejumlah orang tua siswa mengeluhkan kondisi SD 056 Desa Sungai Batang Kecamatan Bengkalis. Selain sarana belajar mengajar seperti meja dan kursi, plafon sekolah juga s
  • KOMENTAR