Semangat Amien Rais 'Nyapres' Berkat Mahathir

Minggu, 10 Juni 2018 01:12
BAGIKAN:
Ketua MPR Zulkifli Hasan (kanan) berbincang dengan tokoh reformasi Amien Rais (kiri)

JAKARTA - Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yakin PAN bisa mengusung calon Presiden dari kadernya sendiri. Jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung sebanyak sembilan nama calon Presiden, Amien menegaskan ada empat nama yang akan diusung PAN, termasuk dirinya.

Menurut mantan Ketua MPR ini, Presiden Jokowi memang sudah dideklarasikan sebagai calon Presiden oleh PDIP dan beberapa partai koalisi. Sementara itu, yang akan menjadi rival Joko Widodo memang masih belum jelas.

"Pak Prabowo sudah di-endorse oleh partainya. Tapi koalisinya masih belum solid. Sementara itu memang nanti dalam Rakernas PAN, kalau PKS misalnya mengusung 9 nama calon presiden maka kami akan mengusung cuma empat saja," ujar Amien usai buka puasa bersama di rumah Ketua MPR, Zulkifli Hasan, di Jakarta, Sabtu malam 9 Juni 2018.

Keempat nama yang akan diusung PAN itu adalah Zulkifli Hasan, Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa dan dirinya sendiri, Amien Rais. Ia menyebut terkait pilihan, maka nanti masyarakat yang akan memberikan penilaian.

"Jadi kita tetap dengan Gerindra, PKS, PBB bahkan kalau misalnya ini Partai Demokrat memperkuat kita, itu akan lebih bagus lagi. Jadi ini masih cair. Pak Zul akan menghubungi tokoh-tokoh partai itu," katanya.

Manuver dari PAN menurutnya akan sangat lincah. Ia pun menjanjikan akan ada keputusan besar setelah Lebaran." Setelah Lebaran nanti akan ada, lebih jelas lagi," katanya.

Kader Terbaik

Dia pun menjabarkan kader yang akan diusung adalah yang terbaik, yakni Ketua Umum PAN di masing-masing zamannya. Calon Presiden pertama yang akan diusung PAN adalah Ketua DPP PAN sekaligus Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang juga berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Kehutanan selain pengalamannya di legislatif yang menjabat sebagai Ketua Fraksi dan Ketua Komisi.

"Kemudian, mas Hatta (Rajasa) kan juga layak. Pernah jadi Menteri di eksekutif dan pernah jadi legislatif pengalaman nya juga sangat bagus. Jadi juga akan kita calonkan sebagai Capres," katanya.

Kemudian yang ketiga, Sutrisno Bachir yang berpengalaman di dunia bisnis dan juga politik. Berdasarkan pengalaman tersebut, dia menegaskan Sutrisno Bachir layak dicalonkan.

"Kalau mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir Mohamad jadi (PM Malaysia), saya jadi remaja lagi sekarang kan. Jadi saya pun sedikit agak layak ya. Sudah agak kuno, tapi ya dengan Mahathir itu jadi ada semacam ada perubahan visi orang Asia tenggara ini," tuturnya. [viva]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati Bengkalis Kepada Alfisnardo

    BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukmini memberikan ucapan selamat kepada Ketua dan Pengurus PWI Kabupaten Bengkalis priode 2018-2021 yang baru dilantik.

  • Ketum PWI Pusat: Diera Digital, Wartawan Dituntut Propesional

    BENGKALIS - Ketum Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Defari menegaskan bahwa diera digital saat ini, tugas dan fungsi wartawan sangat besa

  • Terhenyak, 3 Pengedar Sabu 55 Kg Dituntut Hukuman Mati

    BENGKALIS - Juliar (23 tahun), Andi Saputra (27), dan Dedi Purwanto (25), terhenyak dengan mata berkaca-kaca duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Bengk

  • APK Membandel, Siap-siap Disisir Bawaslu

    PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau saat ini sedang menginventarisir jumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang diduga melanggar aturan di provinsi Riau.

  • KOMENTAR