Waspada, Riau Masuki Musim Kemarau

Kamis, 03 Januari 2019 17:36
BAGIKAN:
Net
Ilustrasi cuaca

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Provinsi Riau sedang menghadapi musim Pancaroba atau peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Wilayah yang menghadapi Pancaroba diawali dari wilayah pesisir Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis.

Dengan begitu, BMKG menyebut wilayah pesisir saat ini cukup rawan terjadi Karhutla.

"Wilayah pesisir Riau seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, dan Meranti sudah mulai memasuki musim kemarau. Cuaca juga sangat panas sehingga potensi Karhutla tinggi," kata Staf Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Fadillah di Pekanbaru, Kamis, 3 Januari 2019.

Mia memprediksi, musim kemarau akan terus bergeser ke wilayah lainnya di Provinsi Riau dan sepenuhnya memasuki musim kering pada akhir Januari mendatang.

"Musim kemarau nanti akan berlanjut hingga Februari," ujarnya.

Minimnya curah hujan di wilayah Riau berdampak pada mengeringnya lahan gambut, terutama di wilayah pesisir. Di Rokan Hilir, sekitar 15 hektare lahan gambut terbakar hebat dan hingga kini masih dalam proses pemadaman.

Lokasi kebakaran lahan di awal 2019 tersebut terjadi di Desa Mumugo, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. Petugas gabungan masih kesulitan melakukan pemadaman karena terkendala sumber air dan cuaca yang sangat panas.

 

Tulisan ini sudah terbit di RIAUONLINE, CO.ID dengan judul: Siap-siap, Riau Masuki Musim Kemarau

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pasca Kebakaran Lahan dan Hutan, BLH Bengkalis Sebut Kualitas Asap Masih Aman

    BENGKALIS - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis menyebut kualitas udara wilayah Kabupaten Bengkalis masih aman dari bahaya ISPA.

  • Pemerintah Pusat Programkan Pulau Rupat, Bengkalis Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

    BENGKALIS - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto menyebut pulau Rupat Kabupaten Bengkalis masuk kedalam program industrialisasi pariwisata berb

  • DPRD Paripurnakan Hari Jadi Bengkalis ke 507

    BENGKALIS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Bengkalis ke 507. Paripurna

  • Lahan Warga Bengkalis Kembali Terbakar

    BENGKALIS - Lahan gambut milik masyarakat di Dusun 3, bersebelahan dengan Desa Sekodi, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis terbakar, Sabtu 20 Juli 2019.

  • KOMENTAR