Waspada, Riau Masuki Musim Kemarau

Kamis, 03 Januari 2019 17:36
BAGIKAN:
Net
Ilustrasi cuaca

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Provinsi Riau sedang menghadapi musim Pancaroba atau peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Wilayah yang menghadapi Pancaroba diawali dari wilayah pesisir Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis.

Dengan begitu, BMKG menyebut wilayah pesisir saat ini cukup rawan terjadi Karhutla.

"Wilayah pesisir Riau seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, dan Meranti sudah mulai memasuki musim kemarau. Cuaca juga sangat panas sehingga potensi Karhutla tinggi," kata Staf Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Fadillah di Pekanbaru, Kamis, 3 Januari 2019.

Mia memprediksi, musim kemarau akan terus bergeser ke wilayah lainnya di Provinsi Riau dan sepenuhnya memasuki musim kering pada akhir Januari mendatang.

"Musim kemarau nanti akan berlanjut hingga Februari," ujarnya.

Minimnya curah hujan di wilayah Riau berdampak pada mengeringnya lahan gambut, terutama di wilayah pesisir. Di Rokan Hilir, sekitar 15 hektare lahan gambut terbakar hebat dan hingga kini masih dalam proses pemadaman.

Lokasi kebakaran lahan di awal 2019 tersebut terjadi di Desa Mumugo, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. Petugas gabungan masih kesulitan melakukan pemadaman karena terkendala sumber air dan cuaca yang sangat panas.

 

Tulisan ini sudah terbit di RIAUONLINE, CO.ID dengan judul: Siap-siap, Riau Masuki Musim Kemarau

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ulahnya Menghina Agama Islam di Fb, Gaek Di Mandau Ini Dicokok Polisi

    BENGKALIS - Laki paruh baya SP (57) tidak akan lagi bisa menghirup kebebasan dikarenakan akan menghabiskan sisa hidupnya di jeruji besi. Pasalnya, karena ula

  • Terdakwa Sabu 10 Kg Divonis Seumur Hidup, JPU Bengkalis Lakukan Kasasi

    BENGKALIS - Terdakwa Kasus Sabu 10 Kg, RF (38) divonis seumur hidup setelah melakukan banding di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru. Sedangkan rekannya Mh (38)

  • Dinamai 'Danish', Bayi Dalam Kardus Sudah Punya Orang Tua Asuh

    BENGKALIS  - Masih membekas diingatan kita,  bayi dalam kardus berjenis kelamin laki-laki diduga dibuang oleh orang tuanya, Sabtu 3 Nopember 2018 l

  • Usai Divonis Mati, 3 Pengedar 55 Kg Sabu Lakukan Banding

    BENGKALIS -  Ketiga terdakwa kasus 55 Kg sabu dan ribuan pil extasy mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis,

  • KOMENTAR