Berdayakan Potensi Daerah, DPMD Rohil Bakal Olah Sawit dan Nipah Jadi Gula

Rabu, 18 Maret 2020 13:00
BAGIKAN:
DPMD Rohil saat melakukan survei di desa terkait untuk mengolah sawit dan nipah menjadi gula.

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyasar program pembangunan desa mengarah ke pemberdayaan potensi daerah yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. 

 

Plt Kepala DPMD Rohil, Yandra, SE., MSi mengatakan, potensi ditemui pada sawit dan nipah yang dapat diolah menjadi gula, untuk itu sesegerakan mungkin diberdayakan. 

"Untuk menggali potensi yang ada di setiap Kecamatan di Rohil, kami sudah keliling kemudian ditemukan potensi pada sawit untuk diolah menjadi gula dan akan segera diberdayakan secepatnya di Desa Bakti Makmur dan Desa Pelita sebagai pilot project," ungkapnya saat ditemui di Bagansiapiapi, Selasa (17/3/2020).

Lanjut dia, untuk gula nipah pihaknya sudah melaksanakan survei ke desa terkait. Secara potensi, sangat luar biasa dan program pengembangan bisa di mulai dari Desa Kubu dan Desa Suak Air Hitam.

Menurut dia, perlu ada pembicaraan antara perangkat desa dan kelompok pengumpul nipah, terkait apakah akan dikelola BUMKep atau dikelola petani, dan kalau dikelola oleh petani maka BUMKep yang menampung hasil gula dan penyertaan pinjaman modal ke petani dengan bunga yang ringan.

"Saat ini kesiapan pohon sawit siap tumbang cukup banyak. Paket pertama tiga ribu per batang untuk tonase gula satu container 20 ton per minggu sehingga dalam sehari di produksi tiga ton," ucapnya. 

Hal tak kalah penting, sambung dia, petani pembuat juga siap sebanyak 30 orang on progres dan petani sudah di training untuk produksi tiga hari terakhir sudah sesuai dengan spek kecap bango.

"Proses masak juga sudah kita training dan tinggal setting dengan penambahan tungku masak," demikian Yandra. (rif)

BAGIKAN:
KOMENTAR