• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Bupati Bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau Resmikan Masjid Al-Jannah Desa Tanah Merah

Bupati Bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau Resmikan Masjid Al-Jannah Desa Tanah Merah

Sabtu, 10 November 2018 00:04
BAGIKAN:
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Kakanwil Kemenkum HAM Riau M. Diah SH MH melakukan peresmian Masjid Nurul Najjah di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Peresmian masjid yang terletak disalah satu daerah terluar Kabupaten Meranti itu, dipusatkan. Dihalaman Masjid, Jumat (9/11/2018).

Turut bersama Bupati, Kakanwil Kemenkum HAM Riau HM. Diah SH MH dan jajaran, Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kepala Bagian Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kepala Bagian Kominfo Sekda Drs. Syaiful Ikram, Kepala Bagian Perbatasan Efieldi, Camat Rangsang Pesisir M. Nasir, Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti, Perwakilan Dinas Sosial, Kades Tanah Merah Rusli, Kepala Cabang Bank Mandiri Syariah Selatpanjang Andi Oki, Ustadz H. Ahmad Fauzy, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Ustadz Fauzy dalam Tausiahnya mengajak seluruh umat muslim untuk meramaikan masjid, ia berpesan jangan sampai ketika rumah Allah itu semakin indah semakin minim dikunjungi. Menurut Ustadz dengan meramaikan masjid bukan saja ikut memakmurkannya tapi juga turut menegakkan agama Islam. Seperti dikatakan Nabi Muhammad SAW sesungguhnya hampir tidak ada alasan bagi muslim lelaki dewasa untuk sholat dirumah. Dan bagi orang yang selalu memamurkan Masjid akan dibalas oleh Allah dengan berbagai kebaikan.

"Bagi orang yang meramaikan masjid akan dibalas oleh Allah, ketika orang lain kesulitan meniti sirathal mustakin maka ia akan dengan mudah melaluinya," jelas Ustadz H. Fauzy.

Kades Tanah Merah Risli, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Meranti dan rombongan yang telah hadir dalam acara peresmian Masjid Nurul Najjah.

Dikatakan Kades Tanah Merah, pembangunan Masjid Nurul Najjah telah dimulai sejak tahun 2007 lalu, awalnya masjid yang menjadi tempat ibadah masyarakat Desa Tanah Merah ini terbuat dari kayu yang sangat sederhana, namun berkat partisipasi dan swadaya masyarakat serta dukungan semua termasuk Pemda Kepulauan Meranti berhasil berdiri sebuah Masjid yang cukup megah yang saat ini diresmikan oleh Bupati Kepulauan Meranti.

Diharapkan Kades, kedepan Masjid Nurul Najjah ini bukan hanya sebatas menjadi tempat ibadah namun juga dapat menjadi tempat berembuk bagi masyarakat desa dalam rangka membangun Tanah Merah yang dicintai.

Selanjutnya Kades Rusli juga menyampaikan perkembangan desa dalam kurun beberapa waktu terakhir. Dimana sebanyak 6 paket jalan lingkungan sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat setempat telah dibangun.

"Alhamdulilah dengan menggunakan dana ADD telah banyak dibangun jalan lingkungan, kini tinggal lagi pembangunan jalan Poros oleh Pemkab. Meranti yang sangat dinanti-nanti masyarakat," ujar Kades Tanah Merah.

Terkait peresmian Masjid Nurul Najjah, juga mendapat tanggapan dari Ka. Kanwil Kemenkum HAM Riau HM. Diah SH MH, ia mengatakan pihaknya jajaran Kemenkum HAM Riau juga telah berupaya membantu pembangunan Masjid tersebut, bantuan itu berasal dari sumbangan jajaran Kemenkum HAM Riau yang terkumpul sejak HM. Diah menjabat sebagai Kakanwil Kemenkum HAM Riau. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Ny. HM. Diah kepada perwakilan pengurus Masjid Nurul Najjah.

Kepada Pemkab. Meranti Putra asli Tanah Merah itu berharap, selain memberikan dukungan pembangunan Masjid Nurul Najjah, ia juga meminta Pemda untuk menggesa penuntasan pembangunan jalan poros, hal itu cukup penting dalam rangka melancarkan aksesibilitas orang dan barang diwilayah itu seperti yang diharapkan oleh masyarakat.

Setelah mendengar semua aspirasi dari masyarakat yang disampaikan oleh Kepala Desa Tanah Merah dan Kakanwil Kemenkum HAM Riau, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenkum HAM Riau atas partisipasinya mensukseskan pembangunan Masjid kebanggaan warga Tanah Merah itu.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa memakmurkan masjid dan memanfaatkan masjid yang cukup megah itu untuk menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan desa.

Diakui Bupati, Masjid Nuruh Najjah yang diresmikannya belum sempurna 100 persen, masih ada beberapa bagian yang perlu pembenahan seperti halaman masjid yang masih tanah gambut dan belum adanya pagar.

Untuk itu kedepan, Pemkab. Meranti melalaui Dinas PU akan membuat perencanaan sehingga pemasangan paging block dan pagar masjid segera dapat dilakukan.

"Saya minta Dinas PU segera membuat perencanaan untuk memasang Paving Block dan pembuatan pagar. Aspirasi masyarakat dan Pak Kanwil itu akan kita upayakan," ucap Bupati.

"Semoga pembangunan Masjid ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT," ucapnya lagi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang akan dijalankan di Kecamatan Rangsang Tahun 2019. Diantaranya adalah pembangunan Puskemas Rawat Inap di perbatasan Desa Kedabu Rapat dan Tanah Merah.

"Insya Allah, tahun depan kita akan membangun Puskemas Rawat Inap, anggaran sudah disiapkan sebesar 8.5 Miliar," ucap Bupati Irwan.

Begitu juga pembangunan Kantor Urusan Agama Kecamata Rangsang Pesisir, menurut informasi yang disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama Meranti kepada Bupati, ditahun 2019 nanti juga akan dibangun Kantor Urusan Agama didaerah tersebut.

"Semoga dengan adanya Kantor Urusan Agama di Rangsang Pesisir dapat mempermudah masyarakat mengurus nikah dan urusan haji," harap Bupati.

Terkait pembangunan jalan sendiri, Bupati Irwan menyampaikan, saat ini sesuai dengan program prioritas Pemkab. Meranti, telah dibangun jalan di Desa Sonde menuju Tanah Merah sepanjang 10 KM dengan lebar 7 Meter.

"Harapan kita dengan terbangunya jalan poros sepanjang 10 KM dengan Lebar 7 Meter itu semakin mempermudah arus lalu lintas masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan eknomi masyarakat," Harap orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu.

Selain itu dengan fasilitas jalan yang semakin baik, akan mempermudah membawa masyarakat sakit menuju ke Selatpanjang, untuk segera dapat penanganan medis.

Sekedar informasi, selain melakukan peresmian Masjid Nurul Najjah, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan dan Kakanwil Kemenkum HAM Riau M. Diah juga menyempatkan diri meninjau Puskemas Pembantu Desa Kedabu Rapat dan Proses Pembangunan Kantor Camat Rangsang Pesisir yang berada di Desa Telesung.(hms)
BAGIKAN:
KOMENTAR