• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Bupati Meranti Tegaskan Siap Suport KPU Sukseskan Pilgubri, Pileg dan Pilpres 2019

Bupati Meranti Tegaskan Siap Suport KPU Sukseskan Pilgubri, Pileg dan Pilpres 2019

Rabu, 07 Maret 2018 14:38
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si menegaskan siap mendukung penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kepulauan Meranti, yang dimulai dengan Pemilihan Gubebernur dan Wakil Gubernur, Legislatif hingga Pilpres. 

"Kita akan mendukung KPU untuk mensukseskan penyelenggaraan tiga ivent besar Pilgub, Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, aparatur Kecamatan, Desa dan aparatur pemerintahan lainnya akan memberikan dukungan termasuk juga dukungan infrastruktur," ujar Bupati Drs. H. Irwan, M.Si saat menghadiri pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kabupaten Kepulauan Meranti yang dilangsungkan di Hotel AKA Meranti, Selasa (6/3/2018).

Ditambahkannya, selain dukungan Pemda, dalam penyelenggaraan Pilkada serentak mendatang, KPU Meranti juga akan didukung oleh aparat keamanan Kepolisian dan TNI, juga Kejaksaan.

"Pada dasarnya semua siap mendukung yang terpenting kuncinya adalah komunikasi yang baik diantara semua level tingkatan aparatur," ucapnya.

Seperti diketahui, tak lama lagi Pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan digelar tepatnya tanggal 7 Juni 2018 mendatang, setelah itu akan dilanjutkan dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden RI yang jika tidak ada aral melintang akan digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Untuk mensukseskan 3 ivent besar tersebut menurut Bupati Drs. H. Irwan, M.Si diperlukan kerja ekstra dan sinergitas yang kuat antara Pemerintah Daerah, PPK, KPU dan Panwaslu serta instansi terkait lainnya. Ia juga mengingatkan kepada KPU dan Panwaslu jangan sampai terjadi Miss komunikasi dalam hal penanganan kasus kasus permasalahan Pemilu.

"Kedua instansi ini hendaknya terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga apapun permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik," paparnya.

Apalagi jika berkaca dari pengalaman yang sudah sudah, potensi terjadinya konflik vertikal dan horizontal pada Pemilu sangat besar. 

"Untuk itu PPK, KPU dan Panwaslu harus bekerja keras tepis semua ego sektoral dan tingkatkan koordinasi agar Pilgub, Pileg dan Pilpres di Kepulauan Meranti berjalan dengan aman, tertip dan damai," jelas dia.

Dan yang tak kalah penting menurut Bupati adalah tingkat elektabilitas pemilih yang tinggi, karena indikator suksesnya sebuah Pemilu tidak terlepas dari jumlah partisipasi pemilih. 

"Kita mau proses demokrasi di Meranti berjalan dengan sukses, jangan sampai partisipasi pemilih rendah, demokrasi yang terjadi merupakan cerminan dari keinginan masyarakat sehingga pemimpin yang terpilih nanti adalah pemimpin yang lahir dari keinginan rakyat," tambah dia.

Pada kesempatan itu, Bupati Meranti Drs. Irwan M. Si juga mengucapkan apresiasi kepada PPK yang baru saja dilantik dan mengajak untuk melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas, menurutnya, anggota PPK yang terpilih saat ini merupakan orang luar biasa, karena merupakan hasil penjaringan yang ketat dari 5 orang hanya terpilih 3 orang Per-Kecamatan.

Jika di total keseluruhan, jumlah PPK yang dilantik saat ini berjumlah 27 orang yang bertugas di 9 Kecamatan. PPK ini akan bertanggung jawab di 442 TPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada 7 Juni 2018 mendatang. Sementara untuk Pileg dan Pilpres RI tanggal 17 April 2019 mendatang jumlah TPS bertambah menjadi 669 TPS yang tersebar di 9 Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pelantikan PPK itu sendiri langsung dilakukan oleh Ketua KPU Meranti Abu Hamid yang ditandai dengan pengucapan sumpah yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan PPK dan Ketua KPU, kegiatan itu disaksikan langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, Danrami Selatpanjang Mayor TNI Bismi Tambunan, Kabag Ops Polres Meranti, Pihak Kejari Meranti Katua MUI Meranti H. Mustafa serta Kabag SDM dan Proda KPU Provinsi Riau Odeng Ramadiyani.

Seperti dikatakan oleh Sekretaris KPU Meranti, Erdison, PPK ini memiliki tugas diantaranya melaksanakan semua tahapan pelaksanan pemilu disemua Kecamatan, Menerima dan menyampaikan daftar pemilih, Menerima daftar pemilih tambahan dan menyampaikannya pada KPU, Menerima dan menyerahkan rekapitulasi calon perseorangan Legislatif, Mengumumamkan hasil rekapitulasi suara, Membuat berita acara, Melaksanakan sosilisasi Pemilu dan lainnya.

Ketua KPU Meranti Abu Hamid dalam pidatonya berharap PPK yang baru saja dilantik dapat bekerja sungguh sungguh, karena untuk menyelenggaran 3 ivent Pemilu sekaligus diperlukan kerja ekstra dengan begitu kedaulatan rakyat sesuai perundang undangan yang berlaku dapat berjalan dengan baik.

"Peran PPK sangat pemtinh dalam mensukseskan Pilgubri, Pileg dan Pilpres mendatang, perlu kehati hatian dan ketelitian apalagi jumlah TPS semakin banyak," ujar Abu Hamid, mengingatkan PPK.

"Jaga Integritas, netralitas dan profesionalitas semoga PPK dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik," ungkapnya.

Tak lupa Ketua KPU juga meminta dukungan dari Pemda mulai dari Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa, serta dukungan aparat keamanan, karena dalam penyelenggaran pemilu mendatang. Kemungkinan besar berbagai fasilitas pemerintah seperti gedung dan lainnya akan digunakan, dan kepada aparat penegak hukum untuk melakukan pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya konflik, karena saat itu antara calon dan pemilih akan bersentuhan langsung. 

Akhir kata, Ketua KPU mengajak semua pihak untuk mengawasi terjadinya praktek Money Politik dalam pelaksanaan Pilgubri, Pileg dan Pilpres karena akan mencederai demokrasi di Indonesia dan ia juga mengajak Panwaslu melakukan koordinasi yang baik dengan KPU terkait bebebagai masalah yang ditemukan dilapangan sehingga pesta demokrasi yang diselenggarakan di Meranti dapat berjalan aman, damai dan lancar.(rls/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR