Dishub Tertibkan Truk Parkir Liar

Senin, 14 Maret 2016 17:54
BAGIKAN:

DUMAI - Dinas Perhubungan Kota Dumai melakukan patroli rutin selama lebih kurang 11 hari dalam rangka melakukan penertiban parkir liar kendaraan truk di bahu jalan dan badan jalan sepanjang ruas jalan Soekarno Hatta, Jalan Diponegoro (Bukit Timah), Jalan Dumai, Sei Pakning dan Jalan Perwira.

Patroli ini dilakukan karena mendapat laporan dari warga setempat karena banyaknya kendaraan truk yang parkir liar walaupun sudah terdapat rambu-rambu dilarang parkir dan dilarang berhenti namun masih saja terjadi pelanggaran, oleh karena itu pihak dari Dishub kota dumai melakukan patroli untuk melakukan penertiban dan penaggulangan terhadap masalah parkir liar tersebut.

Beragam cara telah dilakukan oleh Dishub kota Dumai guna menertibkan parkir liardi sepanjang jalan raya. Namun hingga kini masih banyak kendaraan yang parkir di sembarangan tempat seperti di trotaor bahkan di bahu jalan.

Wal hasil parkir liar ini akan berdampak pada kelancaran lalu lintas bahkan dapat membahayakan pengendara yang lainnya, oleh karena itu pihak dishub akan terus melakukan patroli untuk menindak dengan tegas bagi kendaraan yang terdapat parkir liar. Sebelumnya pihak dishub telah melakukan sosialisasi kepada kendaraan yang kedapatan parkir liar untuk tidak parkir di badan atau dibahu jalan.

Jika ke depan setelah disosialisasikan masih ada kendaraan yang terdapat parkir liar pihak dishub akan menindak tegas kendaraan yang masih membandel parkir di trotoar maupun bahu jalan dengan memberikan tilang di tempat. Kepala Bidang Pengendalian Operasional H. Marjohan, Msi menegaskan

"Pokoknya bagi yang kedapatan parkir di badan dan bahu jalan, akan langsung kita tilang. Ini sudah menjadi peraturan Walikota. hendaknya besama-sama memberi dukungan, demi ketertiban dan arus lalu lintas yang lancar," tegas marjohan.

Apalagi parkir liar ini cukup meresahkan warga karena dapat membahayakan pengguna jalan lainnya yang melintas.

Mengingat banyak dari pengemudi truk, memarkirkan kendaraannya sembarangan, yang pada akhirnya berpotensi menjadikan rawan kecelakaan. Menanggapi hal tersebut, Dishub Dumai akan melakukan penertiban secara rutin. Dampaknya selain memicu kecelakaan lalu lintas, juga menimbulkan ketidaknyamanan pengendara kendaraan bermotor yang melintas di sekitarnya.

Sebagian truk-truk yang parkir secara sembarangan tersebut, lanjut dia, parkir di badan jalan maupun di bahu jalan kebanyakan hanya sekedar untuk beristirahat di warung. Tetapi sayangnya, lahan parkir yang disediakan oleh warung makan kurang luas sehingga mau tak mau para sopir memarkir truknya di badan jalan.(dhb)

 

BAGIKAN:
KOMENTAR