Dislutkan Meranti Serahkan Bantuan 195 Cool Box kepada Kelompok Nelayan

Rabu, 23 Desember 2015 15:48
BAGIKAN:
MERANTI Dinas Kelautan dan Perikanan (Dilutkan) Kepulauan Meranti menyerahkan bantuan alat kepada kelompok nelayan berupa cool box (peti pendingin). Bantuan cool box sebanyak 195 unit tersebut diserahkan langsung kepada 12 kelompok nelayan.

Hal itu disampaikan Kepala Dislutkan Kepulauan Meranti, Drs Askandar  melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Wan Fakhriarmi, Selasa (22/12/2015) kemarin. Kata Fakhriarmi, cool box tersebut berguna untuk menjaga kualitas hasil tangkapan ikan nelayan, agar ikan-ikan tersebut tetap awet dan segar.

"Bantuan ini kiranya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika tingkat kesegaran pada ikan itu terus bertahan, otomatis nilai jualnya tinggi," katanya.

Menurutnya, hal ini kiranya dapat membantu nelayan sekaligus memecahkan masalah akibat kesulitan untuk mempertahankan ikan segar. Karena dengan tidak adanya tempat penyimpanan ikan seperti cool box, tentunya menjadi kendala bagi nelayan untuk mempertahankan kesegaran ikan untuk tahan lebih lama.

Ia juga menjelaskan, nelayan merupakan pelaku ekonomi yang sangat penting. Sebab, dengan hasil kerja nelayan akan dinikmati oleh masyarakat, terutama hasil tangkapan ikan dan hasil olahan dari ikan.

"Kita juga minta kepada para nelayan yang menerima bantuan tersebut, kiranya dapat menjaga dengan baik dan tidak menjualnya," jelasnya.

Bantuan Cool Box yang disalurkan melalui DKP Kepulauan Meranti itu merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Adapun 12 kelompok nelayan yang diberikan dibeberapa desa di setiap kecamatan diantaranya, Desa Bantar  dan Desa Sialangpasung di Kecamatan Rangsang Barat, Desa Kedabu Rapat di Kecamatan Rangsang Pesisir

Selanjutnya Desa Tanjung Bakau di Kecamatan Rangsang Desa Banglas di Kecamatan Tebingtinggi, Desa Alai dan Insit di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Desa Kepau Baru di Tebingtinggi Timur, dan Desa Kudap di Kecamatan Tasik Putripuyu. (eaf)
BAGIKAN:
KOMENTAR