• Home
  • Pemerintah Daerah
  • Hari Pahlawan, Bupati Ajak Warga Tingkatkan Semangat Kebangsaan, Persatuan dan Kesatuan

Hari Pahlawan, Bupati Ajak Warga Tingkatkan Semangat Kebangsaan, Persatuan dan Kesatuan

Sabtu, 10 November 2018 19:28
BAGIKAN:
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti bertindak sebagai Pembina Upacara Hari Pahlawan 10 November dilngkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam kesempatan itu Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan, bertempat dihalaman kantor Bupati, Sabtu (10/11/2018).

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Pabung Kodim Bengkalis, Asisten I Sekdakab. Meranti Drs. H. Jonizar, Staf Ahli Bupati Drs. Said Asmaruddin, Drs. Askandar, Kepala BPBD Meranti Drs. Edy Afrizal M.Si dan sejumlah pejabat Eselon II lainnya, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, dan sejumlah Pejabat Eselon III lainnya, Para Veteran Pejuang Kemerdekaan Meranti, Tokoh Agama/Adat/Pemuda.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Pabung Kodim Bengkalis Mayor TNI P. Girsang dan Komandan Upacara Danposal Tj. Samak Peltu Sinombing.

Dalam sambutanya membacakan pidato Menteri Sosial Republik Indnesia, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengatakan, setiap tahun tanggal 10 November bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang keberanian, semangat tanpa menyerah dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan yang telah mewariskan NKRI yang berdiri kokoh hingga saat ini dan selamanya.

Untuk itu sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan, kita harus terus menjaga nilai nilai kepahlawanan itu, dengan cara meningkatkan kecintaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Peringatakan hari pahlawan ini hendaknya tidak sekedar seremonial tapi harus mampu memunculkan semangat baru dengan mengaplikasikan nilai kepahlawanan itu dalam kehidupan seharu-hari," ujar Bupati.

Menurutnya lagi peringatan hari pahlawan ini hendaknya dapat mendorong kita semua untuk menjadi pahlawan, karena siapapun bisa menjadi pahlawan yang penting punya inisiatif berbuat segala hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

"Mari bersama kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisisi kemerdekaan ini kenuju masyarakat adil dan makmur, tidak ada kata untuk berhenti berjuang lanjutkan estafet perjuangan ini dengan menyesuaikan keadaan strategis saat ini," ucap Bupati lagi.

Lebih jauh dikatakan Bupati dalam Upacara yang berlangsung hikmat itu, semangat perjuagan para pahlawan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menekan angka kemiskinan, dengan terus berinovasi memperkuat daya saing agar sejajar dengan bangsa lainnya didunia.

"Setiap bangsa memiliki pahlawan dan setiap masa ada pahlawannya. Untuk itu dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang meliki jiwa patriotisme menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidangnya," ujar Bupati.

Akhir kata Bupati berpesan bahwa keberagaman bangsa Indonesia itu hendaknya dapat menjadi modal bangsa bukan malah menjadi penghambat perjuangan Indonesia. Melalui tangan tangan para pemuda yang kokoh, percaya diri setta peka terhadap semua isu sosial sehingga mampu memberikan pelayanan sosial bagi yang membutuhkan.

"Pemuda harus memiliki pandangan globat dan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi agar mampu bersaing dengan negara lain yang lebih dulu maju. Marilah terus berbuat bagi bangsa tercinta yang dimulai dari lingkungan terkecil yang pada akhirnya dapat membawa kemajuan bagi banhsa dan negara," jelas Bupati Irwan.

Tak lupa ia juga mengajak kepada seluruh lapisan maayarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan sert toleransi.

"Semoga semangat kepahlawanan senantiasa mewarnai setiap langkah kita membangun negeri," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, selain menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan dilingkungan Pemkab. Meranti, Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Forkopimda juga menggelar Upacara tabur bunga di Makam Pahlawan jalan Perjuangan Selatpanjang, yang juga dihadiri oleh jajaran pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemkab. Meranti serta perwira dari Kepolisian dan TNI.(hms)
BAGIKAN:
KOMENTAR