Pemkab Meranti Buka Puasa Bersama Masyarakat Meranti di Pekanbaru

Rabu, 22 Mei 2019 10:14
BAGIKAN:
MERANTI - Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim didampingi Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan rombongan Pemerintah Kabupaten Kep. Meranti, menggelar buka pusa bersama sekaligus silahturahmi bersama masyarakat Meranti Pekanbaru, kegiatan dalam rangka mempererat tali silahturahmi antara Pemkab. Meranti dan masyarakat Meranti di perantauan itu, dipusatkan di Ballroom Hotel Furaya, Pekanbaru, Minggu (19/5/2019).

Kegiatan buka puasa dan silahturahmi itu juga dihadiri oleh Tokoh Masyarakat Meranti H. Wan Abu Bakar, Sekdaprov Riau H. Ahmad Hijazi, Mantan Bupati Bengkalis H. Syamsurizal, Ketua LAM Riau H. Azali Johan, Sekdakab. Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kabiro Kesra Provinsi Riau H. Masrul Kasmi, Ketua KPID Riau H. Fazlan Surahman, H. Edi Rab, H. Ahmad Bebas, Ketua KPU Meranti.

Jajaran pejabat Meranti, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Murod, Kalaksa BPBD Meranti Edy Afrizal M.Si, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH, Kadis PU Meranti H. Herman, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si, Kabag Kesra Drs. Husni Gamal, Kabag Ortal Rika S.Sos, Kabag Keuangan Sekwan Meranti Dra. Syariah, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat dan seribuan masyarakat Meranti Pekanbaru.

Diawali dengan Pembacaan Ayat Suci al-Quran oleh Mahasiswa UIN Suska Riau asal Meranti Rudi Kurniawan yang dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada perwakilan kaum dhuafa dan anak yatim oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim bersama Sekdaprov Riau H. Ahmad Hijazi.

Kemudian sambutan dari tokoh masyarakat Meranti H. Wan Abu Bakar yang juga mantan Gubernur Riau. Ia mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkab. Meranti khususnya Bupati Meranti H. Irwan dan Wakil Bupati H. Said Hasyim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, menurut Wan Abu Bakar masyarakat Meranti memang sangat mengharapkan acara ini karena memiliki arti penting apalagi dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah dan mafiroh dari Allah SWT.

"Semoga moment ini dapat semakin meningkatkan silahturahmi antara masyarakat dan Pemkab. Meranti," ucapnya.

Atas nama masyarakat Meranti Wan Abu Bakar mendoakan semoga Pemda Meranti dalam menjalani roda pemerintahan mendapat berkah dari Allah SWT dan mampu membawa kemajuan bagi daerah.

"Semoga Pemda Meranti mendapat berkah dalam menjalani pemerintah, dan berkat kerjasama serta perhatian semua pihak Meranti semakin maju dan berkembang yang paling penting diberkahi Allah SWT," harapnya.

Senada dengan Wan Abu Bakar, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan ini dalam mempererat tali silahturahmi antara Pemkab. Meranti dan masyarakat Meranti Pekanbaru. Karena di moment itu jajaran Pemkab. Meranti dapat bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk  saling sapa dan bersenda gurau.

"Apalagi sudah lama tak bertemu inilah waktunya kita bisa saling sapa, bersenda gurau antara satu dan yang lain," ucap Said Hasyim.

Wabup juga berharap jika kondisi keuangan Meranti memungkinkan kedepan akan kembali menggelar Halal Bi Halal dengan masyarakat Meranti di Pekanbaru.

Selajutnya dihadaan seribuan tamu yang hadir yang sebagian besar terdiri dari generasi muda Meranti yang tengah menimba ilmu perkuliahan di Pekanbaru, secara singkat Wabup memaparkan terkait pembangunan infrastruktur yang terus digesa oleh Pemkab. Meranti dalam merangkai pulau dan membuka isolasi daerah.

Salah satunya dengan akan beroperasinya Roll On Roll Off (RoRo), yang menghubungkan Pelabuhan Buton dengan Pelabuhan Insit Laut Alai Pulau Tebing Tinggi, fasilitas ini rencananya akan mulai beroperasi sebelum Idul Fitri 1440 H.

"Kita akan mengupayakan akhir Mei ini mudah-mudahan RoRo bisa beroperasi," harap Wabup.

Program pembangunan lainnya yang tengah digesa adalah RoRo Buton-Pulau Padang yang sudah masuk dalam program Departemen Perhubungan RI. Dijelaskan Wabup H. Said Hasyim untuk menggesa pembangunan jalan dan jembatan jika hanya mengharapkan dana APBD Meranti tidak akan cukup untuk itu Ia berharap mendapat dukungan Bankeu dari Pemerintah Provinsi dan untuk pembangunan jalan Nasional yang berada di Pulau terluar terstartegis Nasional Pulau Rangsang akan diupayakan melalui dana APBN.

Lebuh jauh disampaikan Wabup Pemkab. Meranti juga membuka pintu selebar-lebarnya kepada masyarakat yang ingin memberikan masukan dalam membangun Meranti yang lebih baik lagi kedepan.

Menyikapi harapan dari Pemkab. Meranti itu, Sekdaprov Riau H. Ahmad Hijazi mewakili Gubernur, mengaku akan berupaya mengalokasikan anggaran untuk membantu Pemkab. Meranti dalam membangun infrastruktur jalan dan jembatan. Termasuk juga memperjuangkan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas untuk Meranti dimana Meranti sudah dihitung sebagai daerah penghasil Migas.

Terkait DBH tahun lalu yang menjadi dana cadangan oleh Pusat dikatakan Sekdaprov Riau sudah disalurkan, kedepan di bulan Juli Kementrian Keuangan akan kembali menyalurkan DBH Riau sebesar 1.7 T dari dana itu sebanyak 38 Miliar merupakan jatah Meranti.

"Hal ini sesuai informasi dari Dirjen yang mengatakan Mentri Keuangan sudah meneken penyaluran DBH untuk Riau yang direncanakan Bulai Juli mendatang," ujar Sekdaprov Riau.

Dan jika melihat harga minyak dunia yang cenderung baik saat ini kemungkinan DBH Migas Riau tahun ini akan meningkat.

Usai mendengarkan pemaparan Wabup H. Said Hasyim dan Sekdaprov Riau terkait pembangunan daerah, kegiatan selanjutnya mdengarkan Tausiah yang disampaikan oleh Ustadz  Al-Hafiz yang memaparkan pentingnya silahturahmi sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan Rodho Allah.

Kegiatan buka bersama dan silahturahmi antara Pemkab. Meranti dan masyarakat Meranti Pekanbaru ditutup dengan acara salam-salaman rombongan pejabat Pemkab. Meranti dengan masyarakat Meranti di Pekanbaru yang berlangsung ceria namun penuh hikmat. (Hms)
BAGIKAN:
KOMENTAR