Sekda Tekankan OPD Komit Perbaiki Akuntabilitas dan Pelayanan Publik

Minggu, 26 November 2017 12:48
BAGIKAN:
BATAM - Usai digembleng soal Sistem dan Prosedur Penataausahaan Keuangan dan Pelaporan Pajak, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, meminta para Kabag dan Kasubag dilingkungan Sekretariat Daerah Kepulauan Meranti untuk memaparkan rencana kerja Tahun 2018, berlangsung di Hotel Godes, Batam, Sabtu 25 November 2017. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Kabag dan Kasubag dalam menyusun pelaksanaan program kegiatan dan penggunaan anggaran secara efisien, tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Seperti dikatakan Yulian Norwis dalam arahannya, hal ini juga bertujuan agar kegiatan yang dilaksanakan tidak tumpang tindih dengan bagian lain yang memiliki tupoksi hampir sama seperti yang terjadi pada Bagian Humas dan Bagian Komunikasi dan Informasi. Dimana kedua Bagian ini sama-sama menangani masalah penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Dengan begitu, kegiatan yang dilaksanakan oleh bagian dilingkungan Sekretariat, selain tepat sasaran juga bisa efisien dalam penggunaan anggaran," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dibawah arahan Sekda, kegiatan yang akan dilaksanakan dan dipaparkan oleh tiap-tiap Bagian juga dapat ditanggapi secara terbuka oleh Kepala Bagian dan peserta lainnya. Setiap kegiatan yang dianggap tidak tepat sasaran dapat langsung dicoret atau diperbaiki.

Sekedar informasi, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berkomitmen dan fokus dalam menjalankan pengelolaan keuangan yang baik, efisien, efektif, tepat sasaran serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sebelumnya, Pemda Meranti membenahi masalah Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan berhasil mengantarkan Meranti meraih nilai B dari nilai B Plus yang ditargetkan artinya nilai SAKIP Meranti menjadi salah sayu yang terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau.

Selanjutnya, pembenahan dalam SPIP dan berhasil menempatkan SPIP Meranti pada level III dan saat ini menjadi yang pertama melaporkan SPIP Level III.

Dengan hasil yang cukup baik itu, Sekda menekankan kepada seluruh OPD untuk komit mempertahankan dengan terus memperbaiki masalah Akuntabilitas Pelaporan Keuangan dan Kinerja Pelayanan Publik.

"Ini harus menjadi perhatian dari kita semua semoga nilai SAKIP yang kita raih saat ini dapat ditingkatkan setidaknya dipertahankan," pungkasnya.(rls/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR